Repository Universitas Andalas

PERAN ELIT LOKAL DALAM PROSES PEMEKARAN PEMERINTAHAN NAGARI DI KABUPATEN PESISIR SELATAN (Studi Kasus Pemekaran. Pemerintahan Nagari Inderapura, Kecamatan Pancung Soal)

Masrul, Sirdin (2008) PERAN ELIT LOKAL DALAM PROSES PEMEKARAN PEMERINTAHAN NAGARI DI KABUPATEN PESISIR SELATAN (Studi Kasus Pemekaran. Pemerintahan Nagari Inderapura, Kecamatan Pancung Soal). Masters thesis, Paca Sarjana.

[img]
Preview
PDF (PERAN ELIT LOKAL DALAM PROSES PEMEKARAN PEMERINTAHAN NAGARI DI KABUPATEN PESISIR SELATAN (Studi Kasus Pemekaran. Pemerintahan Nagari Inderapura, Kecamatan Pancung Soal)) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (341Kb) | Preview

Abstract

Pemekaran Daerah menjadi sebuah fenomena yang marak setelah pelaksanaan otonomi daerah di bawah UU No. 22 tahun 1999 tentang Otonomi Daerah. Hal ini juga terjadi di Sumatera Barat, baik pada level kabupaten maupun Nagari. Salah satu daerah yang melakukan pemekaran Pemerintahan Nagari adalah Kabupaten Pesisir Selatan. Sebanyak 13 Nagari di Kabupaten Pesisir Selatan telah melakukan pemekaran pemerintahan nagari, diantaranya Nagari Inderapura menjadi 8(delapan) Pemerintahan Nagari baru. Nagari Inderapura 'memiliki wilayah yang sangat luas, 12,87 % luas Kabupaten Pesisir Selatan. Nagari Inderapura yang dahulunya adalah sebuah Kesultanan , saat ini juga tengah menghadapi banyak konflik tanah ulayat. Uniknya, pemekaran nagari yang dilakukan di Nagari Inderapura hanya meliputi tata pemerintahan saja. Adapun Nagari Inderaprna sebagai kesatuan wilayah adat masih tetap utuh di bawah satu wadah organisasi Kerapatan Adat Nagari (KAN) Inderapura. Idealnya, pemekaran ini ditujukan untuk lebih mendukung terwujudnya otonomi daerah. Namun, kenyataan ini tidak selalu demikian di lapangan. Beberapa referensi terdahulu menunjukkan bahwa pemekaran sering juga berhubungan dengan kepentingan elit lokal untuk berkuasa. Dari latar belakang yang ada, permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana peran elit lokat dalam proses pemekaran Pemerintahan Nagari Inderapura dan faktor-faktor apa yang mendorong pemekaran Pemerintahan Nagari Inderapura tersebut.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: K Law > K Law (General)
Unit atau Lembaga: Paca Sarjana > Strata 2 > Hukum
Depositing User: KREATIF zulka hendri
Date Deposited: 13 May 2011 08:05
Last Modified: 11 Oct 2011 09:23
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/12270

Actions (login required)

View Item View Item