Repository Universitas Andalas

Analisis Kesesuaian Akuntansi Aset Tetap Pemerintah Kota Padang Terhadap Standar Akuntansi Pemerintahan

Fistarini, Ria (2008) Analisis Kesesuaian Akuntansi Aset Tetap Pemerintah Kota Padang Terhadap Standar Akuntansi Pemerintahan. Other thesis, Politeknik Universitas Andalas.

[img]
Preview
PDF (Analisis Kesesuaian Akuntansi Aset Tetap Pemerintah Kota Padang Terhadap Standar Akuntansi Pemerintahan) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (680Kb) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat sejauh mana kesesuaian penerapan akuntansi aset tetap Pemerintah Kota Padang terhadap Standar Akuntansi Pemerintah (SAP). Penelitian dilakukan dengan menganalisa seluruh transaksi aset tetap pada 15 SKPD Pemerintah Kota Padang selama tahun anggaran 2O08. Setiap pencatatan transaksi akan diberikan skor sesuai dengan indikator yang telah ditentukan Indikator kesesuaian yang digunakan adalah: penentuan nilai tercatat, jurnal, buku besar, pelaporan nilai tercatat, pengungkapan informasi penambahan/pengurangan dan pengungkapan informasi penyusutan. Skor yang dipakai yaitu : 1 = sesuai dan 0 = tidak sesuai. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam penentuan nilai tercatat aset tetap, jurnal, buku besar, dan informasi penyusutan aset tetap Pemko Padang masih belum sesuai dengan SAP. Sedangkan dalam pelaporan nilai tercatat dan pengungkapan informasi penambahan/pengurangan aset tetap pemerintah Kota Padang telah sesuai dengan SAP.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Unit atau Lembaga: UNSPECIFIED
Depositing User: Haryoshi Utami
Date Deposited: 13 May 2011 08:04
Last Modified: 07 Oct 2011 04:35
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/12281

Actions (login required)

View Item View Item