Repository Universitas Andalas

Analisis Pemanfaatan Dana Block Grant Terhadap Peningkatan Mutu Pendidikan pada SMA Negeri 1 Danau Kembar

Erina, Nelpatris (2008) Analisis Pemanfaatan Dana Block Grant Terhadap Peningkatan Mutu Pendidikan pada SMA Negeri 1 Danau Kembar. Other thesis, Politeknik Universitas Andalas.

[img]
Preview
PDF (Analisis Pemanfaatan Dana Block Grant Terhadap Peningkatan Mutu Pendidikan pada SMA Negeri 1 Danau Kembar) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (604Kb) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemanfaatan dana block grant terhadap peningkatan mutu pendidikan pada sMAN 1 Danau Kembar. Salah satu tujuan pmerintah dalam pemberian block grant pada sekolah adalah untuk meningkatkan mutu pendidikan. SMAN 1 Danau Kembar didirikan tahun 2004 dan masih terdapat kekurangan sarana dan prasarana untuk kegiatan belajar mengajar. Dari tahun 2004 sampai tahun 2008 SMAN 1 Danau Kembar selalu menerima bantuan block grant tiap tahunnya dengan peruntukan yang berbeda-beda. Tahun 2004 SMAN 1 Danau Kembar menerima block grant untuk pembangunan 2 (dua) ruang kelas baru, tahun 2005 untuk pengadaan alat dan buku referensi, tahun 2006 untuk pembangunan 1 (satu) ruang kelas baru, tahun 2007 untuk pembangunan labor kimia dan tahun 2008 untuk pembangunan perpustakaan serta dalam bentuk Bantuan Operasional Manajemen Mutu (BOMM). Bantuan block grant tersebut dimanfaatkan untuk kegiatan belajar mengajar dalam upaya peningkatan mutu pendidikan pada SMAN 1 Danau Kembar. Hasil penelitian menunjukan bahwa, pemanfaatan dana block grant yang diterima oleh SMAN 1 Danau Kembar belum mampu meningkatkan mutu pendidikan secara keseluruhan karena dilihat dari nilai rata-rata siswa yang masih berada dibawah nilai rata-rata sMA di kabupaten Solok dan persentase kelulusan tahun 2008 menurun dari tahun 2007.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Unit atau Lembaga: UNSPECIFIED
Depositing User: Haryoshi Utami
Date Deposited: 28 Apr 2011 03:33
Last Modified: 04 Oct 2011 02:41
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/12294

Actions (login required)

View Item View Item