Repository Universitas Andalas

SIMULASI LOCATION UPDATE DAN HANDOVER PADA TRAFIK JARINGAN GSM MENGGUNAKAN VISUAL BASIC 6.0

Rahmi, Dewi (2008) SIMULASI LOCATION UPDATE DAN HANDOVER PADA TRAFIK JARINGAN GSM MENGGUNAKAN VISUAL BASIC 6.0. Other thesis, Politeknik Universitas Andalas.

[img]
Preview
PDF (SIMULASI LOCATION UPDATE DAN HANDOVER PADA TRAFIK JARINGAN GSM MENGGUNAKAN VISUAL BASIC 6.0) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (284Kb) | Preview

Abstract

GSM memiliki arsitektur jaringan yang terdiri dari tiga komponen utama yaitu mobile station, base station subsystem dan network subsystem, yang masing- masingnya memiliki fungsi dan operasional yang berbeda. Dari fungsi dan bagian-bagian yang terdapat pada masing-masing komponen utama GSM tersebut, terdapat beberapa kasus trafik yang terjadi pada jaringan GSM Location update dan handover merupakan salah satu kasus trafik yang terdapat pada jaringan GSM karena pergerakan mobile station. Location update adalah proses pembaruan data di HLR dan MSC/VLR mengenai keberadaan mobile station (MS) pada saat MS melakukan perpindahan dari area MSC/VLR yang satu ke MSC/VLR yang lain dimana MS dalam keadaan idle atau dalam keadaan tidak menerima/melakukan panggilan. Berbeda dengan handover, handover hanya terjadi pada saat MS melakukan hubungan dengan MS lain. Dalam Tugas Akhir ini dirancang sebuah simulasi dengan menggunakan bahasa pemograman Visual Basic 6.0. yang menggambarkan pergerakan mobile station sehingga terjadinya proses dari location update dan handover. Dari simulasi ini untuk mendapatkan pemahaman yang lebih jelas mengenai proses terjadinya location update dan handover pada trafik jaringan GSM selama komunikasi tidak dan sedang berlansung.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Unit atau Lembaga: UNSPECIFIED
Depositing User: Haryoshi Utami
Date Deposited: 28 Apr 2011 09:04
Last Modified: 10 Oct 2011 03:56
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/12321

Actions (login required)

View Item View Item