Repository Universitas Andalas

Pengaruh ekstrak daun sicerek (Clausena excavata Burm. f.) sebagai larvisida, insektisida dan repelan terhadap Aedes aegypti L.

Susanti, Indra (2008) Pengaruh ekstrak daun sicerek (Clausena excavata Burm. f.) sebagai larvisida, insektisida dan repelan terhadap Aedes aegypti L. Masters thesis, Paca Sarjana.

[img]
Preview
PDF (Pengaruh ekstrak daun sicerek (Clausena excavata Burm. f.) sebagai larvisida, insektisida dan repelan terhadap Aedes aegypti L.) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (338Kb) | Preview

Abstract

Demam berdarah adalah penyakit yang ditularkan oleh nyamuk Aedes aegypti L. dan dapat menyebabkan kematian sehingga pengendalian nyamuk sebagai vektornya perlu dilakukan, diantaranya dengan memutus rantai siklus hidupnya dengan insektisida. Penggunaan insektisida dapat menimbulkan pencemaran lingkungan dan biayanya tinggi, karena itu perlu dicari alternatif lain dengan menggunakan insektisida alami. Senyawa bioaktif dari tumbuhan seperti golongan alkaloid, flavonoido tanin, saponin dan minyak atsiri rnempunyai daya inseklisida dan mudah mengalami biodegrasi di alam, sehingga tidak berbahaya terhadap lingkungan. Tumbuhan sicerek (Claasena excavata Burm. f.) mengandung senya- wa kimia aktif seperti kumarin, alkaloid, saponin, flavonoid, terpenoid fenolik dan tanin. Untuk mengetahui apakah C. excavata dapat digunakan sebagai insektisida alami untuk mengontol larva dan nyamuk A. aegypti maka dilakukanlah penelitian ini yang bertujuan untuk mengetahui konsentrasi ekstrak C. excovata yang efektif 1) sebagai larvisida untuk mengontrol larva 2) sebagai inseklisida untuk mengontrol nyamuk 3) dan sebagai repelan terhadap nyamuk A. aegypti.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Unit atau Lembaga: Paca Sarjana > Strata 2 > Kimia
Depositing User: KREATIF zulka hendri
Date Deposited: 28 Apr 2011 09:00
Last Modified: 11 Oct 2011 03:11
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/12327

Actions (login required)

View Item View Item