Repository Universitas Andalas

PEMBUATAN MODUL PRAKTEK FREKUENSI DIVISION MULTIPLEXING (FDM) SECARA SIMULASI MENGGUNAKAN BAHASA PEMOGRAMAN MATLAB 7.0

Guntur, Guntur (2008) PEMBUATAN MODUL PRAKTEK FREKUENSI DIVISION MULTIPLEXING (FDM) SECARA SIMULASI MENGGUNAKAN BAHASA PEMOGRAMAN MATLAB 7.0. Other thesis, Politeknik Universitas Andalas.

[img]
Preview
PDF (PEMBUATAN MODUL PRAKTEK FREKUENSI DIVISION MULTIPLEXING (FDM) SECARA SIMULASI MENGGUNAKAN BAHASA PEMOGRAMAN MATLAB 7.0) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (299Kb) | Preview

Abstract

Penerapan dari sistem modulasi dan multiplexing di zaman sekarang ini terus berkembang karena modulasi diperlukan didalam sistem tansmisi untuk pengiriman informasi ke tempat tujuan. Dalam pengiriman sinyal informasi ke tempat tujuan tidak dapat dilakukan begitu saja, karena informasi yang akan dikirimkan akan melalui media tansmisi yang mempunyai karateristik tertentu terhadap gelombang listrik. Untuk mengatasi kendala-kendala tersebut perlu diadakan proses modulasi agar gelombang yang dipancarkan oleh suatu pemancar radio yang mengandung sinyal informasi sampai ke tempat tujuan. Dalam Tugas Akhir ini membahas sistem Modulasi AM dan Multiplexing FDM. Dimana proses modulasi merupakan proses penumpangan sinyal informasi pada sinyal pembawa (carrier) yang mempunyai frekuensi tinggi dari sinyal informasi, dan sesuai dengan media tansmisi tempat sinyal akan dikirimkan. AM merupakan proses modulasi dimana amplitudo gelombang pembawa berubah ubah sesuai dengan perubahan amplitudo sinyal informasi. Dimana dalam sistem modulasi amplitudo ini sinyal suara ditumpangkan pada frekuensi pembawa yang berupa gelombang radio. Sedangkan Multiplexing FDM adalah suatu teknik penyampaian informasi dari sumber informasi ke penerima dengan cara menumpangkan banyak kanal informasi ke dalam satu media saluran tansmisi. Pada pembuatan Tugas Akhir ini sistem Modulasi AM dan Multiplexing FDM dibuat berupa simulasi-simulasi untuk dapat dipahami dan membandingkan hasil praktek yang didapat dengan komputerisasi, serta dapat menjelaskan prinsip kerja dari sistem modulasi dan demodulasi AM itu sendiri.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Unit atau Lembaga: UNSPECIFIED
Depositing User: Haryoshi Utami
Date Deposited: 26 Apr 2011 02:22
Last Modified: 04 Oct 2011 03:18
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/12330

Actions (login required)

View Item View Item