Repository Universitas Andalas

Penggupaan Genjer (Limnocharis flava) Untuk Menyerap Ion Kadmium, Kromium, dan Tembaga dalam Air Limbah

Nurhasni, Nurhasni (2008) Penggupaan Genjer (Limnocharis flava) Untuk Menyerap Ion Kadmium, Kromium, dan Tembaga dalam Air Limbah. Masters thesis, Paca Sarjana.

[img]
Preview
PDF (Penggupaan Genjer (Limnocharis flava) Untuk Menyerap Ion Kadmium, Kromium, dan Tembaga dalam Air Limbah) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (327Kb) | Preview

Abstract

RINGKASAN Pencemaran adalah suatu kondisi yang telah merubah lingkungan dari bentuk asal menjadi keadaan yang lebih buruk. Pergeseran bentuk tatanan dari kondisi asat pada kondisi yang buruk ini dapat terjadi sebagai akibat masukan dari bahan- bahan pencemar atau polutan. Polutan tersebut pada umumnya mempunyai sifat racun (toksik) yang berbahaya bagi organisme hidup. Toksisitas atau daya racun {ari polutan itulah yang kemudian rnenjadi pemicu te{adinya pencemaran. Polusi lingkungan oleh logarn-logam berat terjadi sebagai hasil dari berbagai kegiatan seperti industri, pertanian, dan limbah perkotaan. Logam berat yang berada di lingkungan dapat membahayakan makhluk hidup terutama manusia bila ikut masuk ke dalam rantai makanan. Pengolahan air limbah dapat dilakukan dengan penyerapan bahan pencemar umumnya menggunakan penyerap sintetis yang relatif rnahal. Berbagai hasil penelitian yang telah dilaporkan yang menggunakan material biologi ataupun limbah pertanian sebagai material penyerap ion logam berat dari air limbah diantaranya alga, lirnbah apel, sabut kelapa, lumut, sekam padi, sargassltm,dan eceng gondok.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Unit atau Lembaga: Paca Sarjana > Strata 2 > Kimia
Depositing User: KREATIF zulka hendri
Date Deposited: 26 Apr 2011 02:22
Last Modified: 06 Oct 2011 07:38
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/12331

Actions (login required)

View Item View Item