Repository Universitas Andalas

Tingkah Laku Makan dan Efisiensi Penggunaan Makanan Yang Dikonsumsi Oleh Larva Papilio demolion Cramer (Lepidoptera : PaPilionidae)

Rizal, Syamsul (2008) Tingkah Laku Makan dan Efisiensi Penggunaan Makanan Yang Dikonsumsi Oleh Larva Papilio demolion Cramer (Lepidoptera : PaPilionidae). Masters thesis, Paca Sarjana.

[img]
Preview
PDF (Tingkah Laku Makan dan Efisiensi Penggunaan Makanan Yang Dikonsumsi Oleh Larva Papilio demolion Cramer (Lepidoptera : PaPilionidae)) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (364Kb) | Preview

Abstract

Kupu-kupu Papilio demolion Cramer merupakan salah satu kupu-kupu yang indah. Selain itu jenis P. demolion ini memiliki keunikan pada tingkah laku makan larvanya. Diduga. terdapat perbedaan efisiensi penggunaan makanan yang dikonsumsi oleh larva pada tiap instarnya. Larva instar lima lebih banyak meng- gunakan makanannya dari pada keempat instar lainnya. Walaupun begitu belum dapat menjamin efisiensi penggunaan makanan yang dikonsumsi oleh larva instar lirna lebih tinggi dari pada keempat instar lainnya. Berdasarkan hal tersebut maka dirasa penting untuk meneliti mengenai tingkah laku makan dan efisiensi peng- gunaan makanan yang dikonsumsi oleh larva, sekaligus siklus hidupnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkah laku makan dan efisiensi penggunaan makanan yang dikonsumsi oleh larva pada tiap instarnya. Diharapkan hasil penelitian ini bermanfaat bagi penangkar kupu-kupu pada umumnya dan P. demolion pada khususnya dalam mengembangkan pemeliha- raanya, terutama mengenai tingkah laku makan larvanya.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Unit atau Lembaga: Paca Sarjana > Strata 2 > Biologi
Depositing User: KREATIF zulka hendri
Date Deposited: 28 Apr 2011 09:00
Last Modified: 11 Oct 2011 08:36
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/12354

Actions (login required)

View Item View Item