Repository Universitas Andalas

Evaluasi Faktor-Faktor Yang Menyebabkan Diberikannya Opini Audit Disclaimer Terhadap Laporan Keuangan Pemerintah Kota Padang (Tahun Anggaran 2007)

Fajrin, Adhitya Gumay (2008) Evaluasi Faktor-Faktor Yang Menyebabkan Diberikannya Opini Audit Disclaimer Terhadap Laporan Keuangan Pemerintah Kota Padang (Tahun Anggaran 2007). Other thesis, Politeknik Universitas Andalas.

[img]
Preview
PDF (Evaluasi Faktor-Faktor Yang Menyebabkan Diberikannya Opini Audit Disclaimer Terhadap Laporan Keuangan Pemerintah Kota Padang (Tahun Anggaran 2007)) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (421Kb) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi faktor-faktor yang menyebabkan diberikannya opini audit disclaimer terhadap laporan keuangan Pemko Padang. Laporan keuangan yang diteliti adalah Laporan Keuangan Pemko Padang Tahun 2007 yang terdiri dari Laporan Neraca, Laporan Realisasi Anggaran, Laporan Arus Kas dan Catatan Atas Laporan Keuangan Tahun Anggaran 2007. Data yang digunakan adalah data sekunder yang berupa Laporan Hasil Pemeriksaan BPK Rl terhadap Laporan Keuangan Pemko Padang Tahun Anggaran 2007. Laporan ini menyatakan penyebab faktor-faktor yang menyebabkan diberikannya opini audit disclaimer adalah kepatuhan terhadap Standar Akuntansi Pemerintahan, Efektifitas Sistem Pengendalian Internal Pemerintah, kepatuhan terhadap peraturan perundang-undangan dan keterbatasan lingkup pemeriksaan. Analisis dalam penelitian ini dilakukan berdasarkan hasil nilai rata-rata dari masing- masing kelompok aspek penelitian dan analisis yang difokuskan kepada butir-butir pertanyaan dari setiap kelompok aspek penelitian yang perlu penekanan/pembahasan lebih lanjut. Hasil dari analisis membuktikan bahwa kepatuhan terhadap Standar Akuntansi Pemerintahan, efektifitas sistem pengendalian internal pemerintah, kepatuhan terhadap peraturan perundang-undangan dan keterbatasan lingkup pemeriksaan merupakan alasan penting BPK Rl tidak memberikan pendapat (disclaimer) terhadap Laporan Keuangan Pemko Padang Tahun Anggaran 2007.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Unit atau Lembaga: UNSPECIFIED
Depositing User: Haryoshi Utami
Date Deposited: 28 Apr 2011 08:57
Last Modified: 04 Oct 2011 03:22
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/12360

Actions (login required)

View Item View Item