Repository Universitas Andalas

Pengaruh Penggunaan Serat Sawit Yang Diperlakukan Dengan NaOH Dan Difermentasi Dengan Aspergillus niger Terhadap Prosentase Karkas Dan Ukuran Alat-Alat Pencernaan Ternak Domba Lokal.

Russam, Nedy (2008) Pengaruh Penggunaan Serat Sawit Yang Diperlakukan Dengan NaOH Dan Difermentasi Dengan Aspergillus niger Terhadap Prosentase Karkas Dan Ukuran Alat-Alat Pencernaan Ternak Domba Lokal. Masters thesis, Paca Sarjana.

[img]
Preview
PDF (Pengaruh Penggunaan Serat Sawit Yang Diperlakukan Dengan NaOH Dan Difermentasi Dengan Aspergillus niger Terhadap Prosentase Karkas Dan Ukuran Alat-Alat Pencernaan Ternak Domba Lokal.) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (281Kb) | Preview

Abstract

Ringkasan. Salah satu faktor penentu keberhasilan usaha peternakan adalah tersedianya pakan ternak dalam i umlah yang cukup, baik kualitas maupun kuantitas. Akan tetapi faktor pakan merupakan biaya terbesar dari seluruh biaya produksi. Tingginya biaya pakan.ini disebabkan oleh beberapa bahan baku utama sebahagian besar masih import. Untuk menekan harga pakan, strategi yang dapat ditempuh adalah menggunakan bahan baku lokal. Serat sawit (Pahn pressed fiber) merupakan salah satu jenis limbah industri pengolahan kelapa sawit (Orbignya cohune) yang berpotensi Untuk digunakan sebagai pakan ternak ruminansia, mengingat serat sawit ini mudah diperoleh, jumlahnya cukup banyak dan tersedia sepanjang tahun. Faktor pembatas penggunaan serat sawit sebagai pakan ternak adalah tingginya kadar NDF (Neutral Detergent Fiber), ADF (Acid Detergent Fiber) dan lignin. Untuk memanfaatkan sebagai pakan ternak secara maksimal perlu dilakukan pengolahan. Dalam penelitian ini akan dicobakan perlakuan serat sawit secara kimia dan dilanjutkan dengan cara biologis.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Unit atau Lembaga: Paca Sarjana > Strata 2 > Peternakan
Depositing User: KREATIF zulka hendri
Date Deposited: 28 Apr 2011 07:48
Last Modified: 04 Oct 2011 04:14
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/12367

Actions (login required)

View Item View Item