Repository Universitas Andalas

Pengukuran Akuntabilitas dan Transparansi Pengelolaan Keuangan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri di Kota Padang

Muchtar, Arfan (2008) Pengukuran Akuntabilitas dan Transparansi Pengelolaan Keuangan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri di Kota Padang. Other thesis, Politeknik Universitas Andalas.

[img]
Preview
PDF (Pengukuran Akuntabilitas dan Transparansi Pengelolaan Keuangan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri di Kota Padang) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (581Kb) | Preview

Abstract

Sebagaimana dimaksudkan Undang-Undang Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional pendidikan merupakan tanggung jawab bersama pemerintah dan masyarakat. Karena akuntabilitas dan transparansi pengelolaan keuangan merupakan tuntutan undang-undang sekaligus tuntutan publik, maka penelitian ini bertujuan untuk mengukur akuntabilitas dan transparansi pengelolaan keuangan SMK Negeri di Kota Padang. Penelitian ini dilakukan dengan cara penyebaran kuesioner. Sampel penelitian terdiri dari SMK Negeri 1 SMK Negeri 3, SMK Negeri 5, dan SMK Negeri 6 Padang. Kuesioner diberikan kepada Kepala Sekolah bandahara, guru, komite dan siswa. Masing-masing sekolah disebarkan kuesioner sebanyak 20 rangkap/sekolah. Aspek yang diuraikan dalam kuesioner adalah pengukuran akuntabilitas, pengukuran transparansi, peran sekolah dan komite sekolah, penyajian dan penggunaan informasi dalam laporan RAPBS, serta sarana dan proses pembukuan penyusunan RAPBS. Nilai rata-rata dari 4 sekolah: SMK Negeri 1 adalah 3,43 yang termasuk dalan kriteria sangat akuntabel dan sangat transparan, SMK Negeri 3 nilai rata-rata 2,91 termasuk kriteria akuntabel dan transparan, SMK Negeri 5 nilai rata-rata 2,54 termasuk kriteria akuntabel dan transparan, dan SMK Negeri 6 nilai rata-rata 2,37 termasuk kriteria akuntabel dan transparan. Secara keseluruhan nilai rata-rata 4 sampel adalah 2,9 yang termasuk dalam kriteria akuntabel dan transparan. Sehingga dapat disimpulkan pengelolaan keuangan sekolah ke 4 sekolah yang diteliti sudah akuntabel dan transparan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Unit atau Lembaga: UNSPECIFIED
Depositing User: Haryoshi Utami
Date Deposited: 28 Apr 2011 07:48
Last Modified: 12 Oct 2011 09:33
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/12369

Actions (login required)

View Item View Item