Repository Universitas Andalas

PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI PROXY SERVER DENGAN ENDIAN FIREWLL 2.1.2 DI SMK CENDANA PADANG PANJANG

Indra, Zulfa (2008) PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI PROXY SERVER DENGAN ENDIAN FIREWLL 2.1.2 DI SMK CENDANA PADANG PANJANG. Other thesis, Politeknik Universitas Andalas.

[img]
Preview
PDF (PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI PROXY SERVER DENGAN ENDIAN FIREWLL 2.1.2 DI SMK CENDANA PADANG PANJANG) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (293Kb) | Preview

Abstract

SMK Cendana Padang Panjang sebagai salah satu sekolah teknologi saat ini membutuhkan suatu media untuk mengakses informasi dan komunikasi yang lebih cepat dan praktis. Sesuai dengan tuntutan zaman maka internet sudah menjadi kebutuhan. Untuk mengembangkan jaringan internet di SMK Cendana Padang Panjang maka dibutuhkan sebuah Proxy Server untuk menunjang keamanan akses data dan pemantauan akses internet bagi area sekolah. Endian Firewall merupakan salah satu sistem operasi berbasis GUI yang khusus dimanfaatkan pada Proxy Server. Konfigurasi Endian Firewall sangat fleksibel. Melalui browser PC klien, admin sekolah dapat memantau aktifitas jaringan, membagi bandwidth, memblokir situs dan mematikan akses internet. Dalam implementasinya jaringan akan dikembangkan dari program SchoolNet dapat diakses oleh semua staf guru dan karyawan. Jaringan akan di pasang disetiap ruangan yang terdapat komputer kliennya. Dalam membangun proxy ini, konfigurasi dilakukan melalui browser klien sedangkan pada server hanya instalasi sistem operasi. Setelah diterapkan Endian Firewall pada SMK Cendana Padang Panjang, maka dapat disimpulkan bahwa membangun Proxy server dengan Endian Firewall sangat mernbantu siswa mengakses informasi, materi pelajaran dan berkomunikasi melalui PC klien yang ada pada labor. Sedangkan guru dan staf mengaksesnya pada ruang masing-masing.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Unit atau Lembaga: UNSPECIFIED
Depositing User: Haryoshi Utami
Date Deposited: 28 Apr 2011 07:36
Last Modified: 04 Oct 2011 07:26
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/12390

Actions (login required)

View Item View Item