Repository Universitas Andalas

Studi Keragaman Genetik Pyricularis oryzae Cav. Penyebab Penyakit Blas Pada Padi Dengan Menggunakan Marka DNA POT-2

Noer, Zulheri (2008) Studi Keragaman Genetik Pyricularis oryzae Cav. Penyebab Penyakit Blas Pada Padi Dengan Menggunakan Marka DNA POT-2. Masters thesis, Paca Sarjana.

[img]
Preview
PDF (Studi Keragaman Genetik Pyricularis oryzae Cav. Penyebab Penyakit Blas Pada Padi Dengan Menggunakan Marka DNA POT-2) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (355Kb) | Preview

Abstract

Penyakit blas yang disebabkan oleh Pyricularia oryzae Cav. merupakan penyakit penting pada tanaman padi sawah maupun padi gogo. Penanaman varietas tahan untuk mengendalikan penyakit ini sering kali tidak memuaskan, hal ini disebabkan tinginya variasi genetik P. oryzqe Penggunaan marka DNA merupakan cara yang praktis dalam menganalisis keragaman populasi patogen. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui tingkat serangan P. oryzae pada berbagai agroekosistem di Sumdtera Utara dan Sumatera Barat serta keragaman genetik P. oryzae dengan menggunakan marka DNA pOT-2. Penelitian ini dilakukan di Laboratorium Biologi Molekuler, Balai Bioteknologi Tanaman Pangan Bogor pada bulan Agustus 1998 sampai Agustus 1999. Pengambilan sampel daun padi yang terserang P. oryzae berasal dari Sumatera Utara dan Sumatera Barat dengan metoda stratified purpossive sampling P.oryzae diisolasi dengan metoda spora tunggal, ekstraksi DNA dengan metoda Chen (1993). DNA diamplifikasi pada mesin Polymerase Chain Reaction (PCR) dengan menggunakan PoT 2-l danPoT z-2 sebagai primernya.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Unit atau Lembaga: Paca Sarjana > Strata 2 > Teknik Pertanian
Depositing User: KREATIF zulka hendri
Date Deposited: 28 Apr 2011 03:39
Last Modified: 06 Oct 2011 03:42
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/12393

Actions (login required)

View Item View Item