Repository Universitas Andalas

Manajemen Pemeliharaan PMT 150 KV dalam Mengatasi Gangguan untuk Meningkatkan Kinerja Sistem Penyaluran

Hamdani, Azwir (2008) Manajemen Pemeliharaan PMT 150 KV dalam Mengatasi Gangguan untuk Meningkatkan Kinerja Sistem Penyaluran. Other thesis, Politeknik Universitas Andalas.

[img]
Preview
PDF (Manajemen Pemeliharaan PMT 150 KV dalam Mengatasi Gangguan untuk Meningkatkan Kinerja Sistem Penyaluran) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (276Kb) | Preview

Abstract

Permasalahan yang kerap timbul pada unit Gardu Induk Indarung berupa gangguan peralatan instalasi akibat dari tingginya tingkat polusi udara di sekitar areal Pabrik semen Padang Indarung. Hal ini menjadi kendala dalam mempertahankan unjuk kerja peralatan, dimana peralatan bekerja kurang optimal. Salah satunya yaitu menurunnya nilai tahanan isolasi dari peralatan itu sendiri. Solusi yang baik untuk dilakukan terhadap peralatan tersebut yaitu dengan melakukan peralatan rutin/ harian, bulanan dan tahunan. Item-item pemeliharaan meliputi pembersihan dan pengujian Test tahanan Isorasi pada PMT. Hasil akhir pengukuran pada tahanan isolasi setelah dilakukan kegiatan pemeiiharaan yaitu terjadi peningkatan pada pada fasa R, s, dan T. Masing - masing 200 ohm, 150 ohm, dan 150 ohm. Sedangkan pada tahanan pertanahan sebelum dan sesudah pemeliharaan sudah memenuhi standar SE 032 yaitu 0,2 ohm. Dengan demikian dapat meningkatkan unjuk kerja peralatan PMT dan juga mempertahankan usianya, sehingga peralatan mampu bekerja secara normal dan dari segi mutu pelayanan dapat menaikkan kinerja perusahaan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Unit atau Lembaga: UNSPECIFIED
Depositing User: girl 123 456
Date Deposited: 28 Apr 2011 07:14
Last Modified: 04 Oct 2011 03:39
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/12401

Actions (login required)

View Item View Item