Repository Universitas Andalas

RANCANG BANGUN ROBOT PEMBERI AIR MINUM DENGAN MENDETEKSI JALUR LINTASAN BERBASIS MIKROKONTROLER MCS-51

Ramadhan, Aminullah (2008) RANCANG BANGUN ROBOT PEMBERI AIR MINUM DENGAN MENDETEKSI JALUR LINTASAN BERBASIS MIKROKONTROLER MCS-51. Other thesis, Politeknik Universitas Andalas.

[img]
Preview
PDF (RANCANG BANGUN ROBOT PEMBERI AIR MINUM DENGAN MENDETEKSI JALUR LINTASAN BERBASIS MIKROKONTROLER MCS-51) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (305Kb) | Preview

Abstract

Rancang bangun robot pemberi minum ini untuk membantu mempermudah pelayanan dan juga sebagai daya tarik majunya teknologi robotika masa kini. Robot pemberi minum yang memiliki kemampuan untuk berjalan pada jalur yang berwarna gelap yang telah ditentukan ketika sensor photodioda mendeteksi jalur yang ditandai dengan warna terang maka robot akan berhenti dan kemudian mengisikan air minum ke dalam gelas. Robot ini menggunakan mikrokontroller AT89S51 sebagai pegontrolannya. Penggunaan robot ini tentu saja tidak dapat dipakai disembarang tempat dan jalurnya pun harus ditentukan guna menghindari terhalangnya sensor oleh benda-benda lain. Hasilnya memperlihatkan bahwa robot mampu mengikuti jalur dengan baik dan input yang dimasukkan ke mikrokontroller dapat diproses dengan baik sehingga output dari mikrokontroller ini berjalan sesuai dengan yang dinginkan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Unit atau Lembaga: UNSPECIFIED
Depositing User: Haryoshi Utami
Date Deposited: 28 Apr 2011 07:14
Last Modified: 10 Oct 2011 07:30
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/12404

Actions (login required)

View Item View Item