Repository Universitas Andalas

DESAIN DAN IMPLEMENTASI SCADA UNTUK PENGENDALI SISTEM PENDETEKSI MATERIAL DAN PENGEPAKAN MENGGUNAKAN PLC (KOMUNIKASI JARINGAN)

Mulyadi, Ade (2008) DESAIN DAN IMPLEMENTASI SCADA UNTUK PENGENDALI SISTEM PENDETEKSI MATERIAL DAN PENGEPAKAN MENGGUNAKAN PLC (KOMUNIKASI JARINGAN). Other thesis, Politeknik Universitas Andalas.

[img]
Preview
PDF (DESAIN DAN IMPLEMENTASI SCADA UNTUK PENGENDALI SISTEM PENDETEKSI MATERIAL DAN PENGEPAKAN MENGGUNAKAN PLC (KOMUNIKASI JARINGAN)) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (253Kb) | Preview

Abstract

SCADA (Supervisory Control Data and Acquisition) merupakan sistem kontrol dari beberapa subsistem dan mengolah input data dari subsistem. SCADA juga dapat memonitor kerja subsistem dengan menggunakan HMI (Human Machine Interface) pada PC (Personal Computer). Subsistem terdiri dari dua PLC (Programmable Logic Control yaitu Omron CPM1A dan CQM1H. Untuk mengkomunikasikan PC, CPM1A dan CQM-1H digunakan NT-AL001 yaitu konversi serial port RS-232/422 dan RS-422/232. Topologi jaringan yang digunakan yaitu point to point. Dalam jaringan, PLC akan mengontrol pemisahan benda berdasarkan materi yaitu karet dan non-karet setelah itu dilanjutkan dengan pemisahan berdasarkan intensitas warna gelap dan terang. Data dari PLC akan dikirim ke PC sehingga PC dapat memonitor sistem kerja PLC dengan menggunakan HMI dan mengolah input data dari PLC. Komunikasi antar perangkat dengan menggunakan NT-AL0OI jangkauannya menjadi lebih jauh dibandingkan menggunakan RS-232.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Unit atau Lembaga: UNSPECIFIED
Depositing User: Haryoshi Utami
Date Deposited: 28 Apr 2011 03:39
Last Modified: 12 Oct 2011 08:41
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/12422

Actions (login required)

View Item View Item