Repository Universitas Andalas

Pengaruh Penggunaan Tepung Daun Sengon (Albizzia falcataria) Fermentasi Dalam Ransum Terhadap performa Ayam Broiler

Nelwida, Nelwida (2008) Pengaruh Penggunaan Tepung Daun Sengon (Albizzia falcataria) Fermentasi Dalam Ransum Terhadap performa Ayam Broiler. Masters thesis, Paca Sarjana.

[img] PDF (Pengaruh Penggunaan Tepung Daun Sengon (Albizzia falcataria) Fermentasi Dalam Ransum Terhadap performa Ayam Broiler) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (352Kb)

Abstract

Dalam usaha peternakan, pakan merupakan salah satu faktor yang harus diperhatikan bersamaan dengan genetik dan tatalaksana. Pada usaha peternakan unggas, pakan membutuhkan 60 - 70 persen dari total biaya produksi. Untuk itu usaha diversifikasi bahan pakan perlu ditingkatkan dengan penggunaan sumber pakan non konvensional, salah satunya adalah daun sengon (Atbizzia falcararia). Tepung Daun sengon ini mempunyai kandungan protein kasar yang cukup tinggi. Namun untuk meningkatkan penggunaannya perlu dilakukan pengolahan, karena tepung daun sengon mengandung serat kasar yang tinggi dan kandungan tannin. Penelitian benujuan untuk : l) untuk melihat pengaruh interaksi antara level penggunaan Aspergillus niger dan lama fermentasi terhadap kandungan bahan kering, protein kasar dan serat kasar tepung daun sengon fermentasi. 2) untuk melihat pengaruh [eve[ penggun aan Aspergillus niger terhadap kandungan bahan kering, protein kasar dan serat kasar tepung daun sengon fennentasi. 3) untuk melihat pengaruh lama fermentasi terhadap kandungan bahan kering, protein kasar dan serat kasar tepung daun sengon fermentasi. 4) untuk melihat pengaruh level penggunaan tepung daun sengon fermentasi dalam ransum terhadap performa ayam broiler. Penelitian ini dilakukan dua tahap. Tahap pertama fermentasi tepung daun sengon dan analisis proksimat di Laboratorium Teknologi Industri Pakan Fakultas Peternakan Universitas Andalas, Padang. Penelitian tahap kedua yaitu feeding trial dilakukan selama 6 minggu di kandang percobaan ternak unggas Fakultas peternakan Universitas Andalas, padang. Bahan yang digunakan dalam penelitian tahap pertama adalah daun sengon dan inokulum Aspergillus niger dengan menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) pola faktorial 3 X 3 dengan 3 ulangan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Unit atau Lembaga: Paca Sarjana > Strata 2 > Peternakan
Depositing User: KREATIF zulka hendri
Date Deposited: 29 Apr 2011 08:47
Last Modified: 06 Oct 2011 03:01
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/12430

Actions (login required)

View Item View Item