Repository Universitas Andalas

MEMBANGUN PC ROUTER LOAD BALANCING 2 LINE SPEEDY MENGGUNAKAN MIKROTIK (Studi Kasus pada Warnet Lily Pasar Baru)

Fajri, Nenny (2008) MEMBANGUN PC ROUTER LOAD BALANCING 2 LINE SPEEDY MENGGUNAKAN MIKROTIK (Studi Kasus pada Warnet Lily Pasar Baru). Other thesis, Politeknik Universitas Andalas.

[img]
Preview
PDF (MEMBANGUN PC ROUTER LOAD BALANCING 2 LINE SPEEDY MENGGUNAKAN MIKROTIK (Studi Kasus pada Warnet Lily Pasar Baru)) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (359Kb) | Preview

Abstract

Load balancing merupakan pembagian beban menjadi seimbang (balance). Ketika sebuah server sedang diakses oleh para pengguna, maka server tersebut sebenarnya sedang dibebani karena harus melakukan proses terhadap permintaan para penggunanya. Dalam sistem load balancing, proses pembagian beban memiliki teknik dan algoritma tersendiri, biasanya disediakan bermacam-macam algoritma pembagian beban ini. Tujuannya adalah untuk menyesuaikan pembagian beban dengan karakteristik dari server-server yang digunakan dan menggunakan sistem operasi Mikrotik versi 2.9.6. Proses load balancing sebenarnya merupakan proses fleksibel yang dapat diciptakan dengan berbagai cara dan metode. Cara yang paling umum digunakan dan banyak digunakan adalah dengan mengandalkan konsep Virtual Server dan Virtual IP, konsep dari Virtual IP ini adalah sebuah alamat IP, sebuah nama atau bisa juga sekelompok alamat IP yang bertugas sebagai jembatan penghubung antara pengakses dari luar dengan sekelompok server atau perangkat jaringan ataupun nama yang mewakili beberapa buah server.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Unit atau Lembaga: UNSPECIFIED
Depositing User: Haryoshi Utami
Date Deposited: 28 Apr 2011 06:30
Last Modified: 04 Oct 2011 03:16
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/12449

Actions (login required)

View Item View Item