Repository Universitas Andalas

PEMBUATAN MODUL PRAKTIKUM BERBASISKAN PROGRAMMABLE LOGIC CIRCUIT (PLC) DENGAN OUTPUT KONTAKTOR

Gunawan, Muhammad (2008) PEMBUATAN MODUL PRAKTIKUM BERBASISKAN PROGRAMMABLE LOGIC CIRCUIT (PLC) DENGAN OUTPUT KONTAKTOR. Other thesis, Politeknik Universitas Andalas.

[img]
Preview
PDF (PEMBUATAN MODUL PRAKTIKUM BERBASISKAN PROGRAMMABLE LOGIC CIRCUIT (PLC) DENGAN OUTPUT KONTAKTOR) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (220Kb) | Preview

Abstract

Kontaktor adalah jenis saklar yang bekerja secara magnetik yaitu kontak bekerja apabila kumparan diberi energi. The National Manufacture Assosiation (NEMA) mendefinisikan kontaktor magnetis sebagai alat yang digerakan secara magnetis untuk menyambung dan membuka rangkaian daya listrik. Tidak seperti relay, kontaktor dirancang untuk menyambung dan membuka rangkaian daya listrik tanpa merusak. Beban-beban tersebut meliputi lampu, pemanas, transformator, kapasitor, dan motor listrik. Saat input 1 di ON kan maka kontaktor 1 akan aktif, dan untuk mengaktifkan input 2 terlebih dahulu OFF kan input 1, satelah itu baru di ON kan input 2 sehingga kontaktor 1 akan mati dan dalam delay 5 s kontaktor 2 akan aktif. Kontaktor dirancang khusus untuk membuat sambungan dalam hubungan bintang atau segitiga. Sistem ini berfungsi sebagai pencegah terjadinya loncatan arus yang besar pada saat start, yang mana ini nantinya dapat merusak jaringan dari system line 3 phasa.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Unit atau Lembaga: UNSPECIFIED
Depositing User: Haryoshi Utami
Date Deposited: 28 Apr 2011 05:50
Last Modified: 04 Oct 2011 03:17
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/12463

Actions (login required)

View Item View Item