Repository Universitas Andalas

PERANAN DA'I SEBAGAI ANGGOTA DPRD DI DEWAN PERWAKILAN RAKYAT DAERAH PROVINSI SUMATERA BARAT

NOVIANTO, NOVIANTO (2008) PERANAN DA'I SEBAGAI ANGGOTA DPRD DI DEWAN PERWAKILAN RAKYAT DAERAH PROVINSI SUMATERA BARAT. Other thesis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik.

[img]
Preview
PDF (PERANAN DA'I SEBAGAI ANGGOTA DPRD DI DEWAN PERWAKILAN RAKYAT DAERAH PROVINSI SUMATERA BARAT) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (542Kb) | Preview

Abstract

Sebagai pemuka agama penyeru nilai-nilai Islam (dakwah), fungsi seorang Da'i menjadi sangat penting di tengah masyarakat terlebih pada masyarakat Sumatera Barat yang mempunyai tradisi Islam yang kuat dengan filoso,fi Adat Basandi syarak, syarak Basandi Kitabullah. Da,i dalam politik praktis tidak hanya memunculkan pro dan kontra tentang Islam dan politik, namun juga menjadi pertanyaan tentang peranan Da'i ketika dalam politik praktis dalam hal ini sebagai anggota Dewan perwakilan Rakyat Daerah. Da,i yang mempunyai tugas utama sebagai penyeru nilai-nilai "suci" (berdakwah) terlibat dalam politik yang sebagian orang masih menganggap "kotor". Ketika seorang Da'i berada dalam lingkungan politik praktis sebagai anggota Dewan perwakilan Rakyat Daerah banyak tantangan yang harus dihadapi oleh seorang Da,i untuk tetap menjaga idealisme sebagai seorang penyeru nilai-nilai kebenaran dan pencegah dari kemungkaran (antar makruf nahi mungkar). Kuatnya tantangan yang dihadapi oleh seorang Da'i menjadi menarik untuk dilihat seperti apa peranan Da'i dalam politik praktis sebagai anggota Dewan perwakilan Rakyat Daerah.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Unit atau Lembaga: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik
Depositing User: SSi Resta Yanda
Date Deposited: 28 Apr 2011 08:49
Last Modified: 28 Apr 2011 08:49
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/12486

Actions (login required)

View Item View Item