Repository Universitas Andalas

RANCANG BANGUN SAMBA FILE SERVER SEBAGAI DOMAIN CONTROLER DENGAN LINUX UBUNTU SERVER 8.10 DI SMKN 1 PARIAMAN

Hasan, Urwatul Wutsqa (2008) RANCANG BANGUN SAMBA FILE SERVER SEBAGAI DOMAIN CONTROLER DENGAN LINUX UBUNTU SERVER 8.10 DI SMKN 1 PARIAMAN. Other thesis, Politeknik Universitas Andalas.

[img]
Preview
PDF (RANCANG BANGUN SAMBA FILE SERVER SEBAGAI DOMAIN CONTROLER DENGAN LINUX UBUNTU SERVER 8.10 DI SMKN 1 PARIAMAN) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (381Kb) | Preview

Abstract

Samba merupakan serangkaian aplikasi unix yang berkomunikasi dengan protokol Server Message Block, program ini bersifat open source dan menyediakan layanan berbagi berkas serta berbagi alat pencetak huruf. Sebagai sebuah aplikasi file server, Samba dapat digunakan oleh banyak pengguna dalam sistem operasi Linux, dan mengizinkan untuk berkomunikasi dengan sistem operasi Windows. Samba terdiri dari dua daemon utama yang mendukung layanan berbagi dengan sistem operasi lain. NetBIOS Name Block Daemon merupakan daemon yang bertugas mengkonversi nama komputer (NetBIOS) menjadi alamat IP sekaligus juga memantau share yang ada di jaringan. Sedangkan Server Message Block Daemon adalah program yang akan menghasilkan proses baru untuk setiap klien yang aktif. Primary Domain Controler merupakan suatu sistem yang tersedia oleh Samba untuk membuat login user menjadi terpusat pada suatu server. Program ini diaplikasikan di SMKN 1 Pariaman supaya pengelola jaringan komputer lebih mudah dalam mengatur autentikasi user. Untuk mengefesiensikan kinerja guru dalam melakukan penilaian hasil kerja murid di labor KKPI maka digunakanlah file server sebagai tempat penyimpanan file oleh murid menjadi terpusat.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Unit atau Lembaga: UNSPECIFIED
Depositing User: Haryoshi Utami
Date Deposited: 28 Apr 2011 08:49
Last Modified: 05 Oct 2011 02:33
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/12492

Actions (login required)

View Item View Item