Repository Universitas Andalas

Analisis Perbandingan Debit Air Dengan Daya Yang Dibangkitkan (KVA) Generator PLTMH Desa Guo

SABAR, ABDUL (2008) Analisis Perbandingan Debit Air Dengan Daya Yang Dibangkitkan (KVA) Generator PLTMH Desa Guo. Other thesis, Politeknik Universitas Andalas.

[img]
Preview
PDF (Analisis Perbandingan Debit Air Dengan Daya Yang Dibangkitkan (KVA) Generator PLTMH Desa Guo) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (252Kb) | Preview

Abstract

Pembangkit listrik tenaga mikro-hidro (PLTMH) merupakan salah satu energi alternatif yang sangat mungkin untuk dikembangkan di negara-negara dengan sumber air yang tersebar luas seperti Indonesia. Potensi ini terdapat di Desa Guo kecamatan Kuranji Padang. Debit air sangat besar pengaruhnya terhadap daya lishik yang dihasilkan generator. Air pada bendungan dialirkan melalui pipa pesat dengan 6 inchi, karena didalam air terdapat energi potensial dan energi kinetik, maka energi-energi tersebut diubatr kebentuk energi mekanik oleh turbin dalam bentuk putaran dengan sendirinya generator juga akan ikut berputar karena telah dikopel dengan turbin, maka terjadilah konversi energi (perubahan dari energi mekanik menjadi energi listrik). Air yang dialirkan melalui pipa pesat dengan dan 6 inchi sepanjang 88 m dengan kemiringan pipa 6,30 dan tinggi jatuh air (H) sebesar 9,7 m dengan debit sungai kondisi normal sebesar (Q) 0,27 m3/detik. Dimana semakin besar debit air maka semakin besar pula daya lishik yang dihasilkan oleh generator. Daya listrik yang dibangkitkan generator ini selanjutnya didistribusikan ke beban.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Unit atau Lembaga: UNSPECIFIED
Depositing User: girl 123 456
Date Deposited: 02 May 2011 03:10
Last Modified: 06 Oct 2011 08:11
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/12506

Actions (login required)

View Item View Item