Repository Universitas Andalas

STUDI PENGARUH KETIDAK SEIMBANGAN BEBAN TERHADAP ARUS NETRAL PADA PANEL UTAMA GEDUNG B LANTAI DASAR POLITEKNIK NEGERI PADANG (KELAYAKAN PENGAMANAN)

TARMIZI, SYUKRENI (2008) STUDI PENGARUH KETIDAK SEIMBANGAN BEBAN TERHADAP ARUS NETRAL PADA PANEL UTAMA GEDUNG B LANTAI DASAR POLITEKNIK NEGERI PADANG (KELAYAKAN PENGAMANAN). Other thesis, Politeknik Universitas Andalas.

[img]
Preview
PDF (STUDI PENGARUH KETIDAK SEIMBANGAN BEBAN TERHADAP ARUS NETRAL PADA PANEL UTAMA GEDUNG B LANTAI DASAR POLITEKNIK NEGERI PADANG (KELAYAKAN PENGAMANAN)) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (255Kb) | Preview

Abstract

Ketidakseimbangan beban pada suatu sistem distribusi tenaga listrik selalu terjadi dan penyebab ketidakseimbangan tersebut adalah pada beban-beban satu fasa pada pelanggan jaringan tegangan rendah. Akibat dari keticlak5eimbangan tersebut adalah munculnya arus di netral pada panel utama. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan, disimpulkan bahwa bila terjadi ketidakseimbangan beban yang besar, maka aftrs netral yang muncul juga semakin besar. Diperlukan suatu penelitian tentang alat pengaman untuk menjaga instalasi gedung agar menjadi aman. Begitu banyak macam dan ragam merek dari alat pengaman, sehingga perlu suatu penelitian, betulkah alat pengaman ini dapat andal dan aman jika dipergunakan. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dengan beban yang sama pada masing-masing kapasitas didapat hasil selisih waktu putus diantara MCB Merlin Gerin 10 A dan MCB King's 10 A didapat selisih waktu putus sebesar (116,200 +- 45,899) detik dengan t:0,005. Dari MCB yang dipergunakan sebagai sampel penelitian hanya MCB Merlin Gerin yang memiliki waktu putus sedangkan MCB King's memiliki waktu putus : 0 detik (gagal putus). Dengan demikian dari MCB yang mengalami penelitian hanya MCB Merlin Gerin lebih layak sebagai alat pengaman.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Unit atau Lembaga: UNSPECIFIED
Depositing User: girl 123 456
Date Deposited: 02 May 2011 02:45
Last Modified: 11 Oct 2011 04:02
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/12516

Actions (login required)

View Item View Item