Repository Universitas Andalas

PENGARUH PEMBEBANAN TERHADAP OUTPUT GENERATOR SINKRON DENGAN TURBIN CROSSFLOW (Pembangkit Tenaga Listrik Mikro Hidro Didesa Guo, Belimbing, Kecamatan Kuranji)

RAZY, FAKHRUR (2008) PENGARUH PEMBEBANAN TERHADAP OUTPUT GENERATOR SINKRON DENGAN TURBIN CROSSFLOW (Pembangkit Tenaga Listrik Mikro Hidro Didesa Guo, Belimbing, Kecamatan Kuranji). Other thesis, Politeknik Universitas Andalas.

[img]
Preview
PDF (PENGARUH PEMBEBANAN TERHADAP OUTPUT GENERATOR SINKRON DENGAN TURBIN CROSSFLOW (Pembangkit Tenaga Listrik Mikro Hidro Didesa Guo, Belimbing, Kecamatan Kuranji)) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (229Kb) | Preview

Abstract

Pembangkit listrik tenaga mikrohidro (PLTMH) menggunakan turbin crosflow salah satu sumber energi listrik yang sangat sederhana, karena konstruksi dan sumber air yang dibutuhkan sangat kecil sebagai energi penggeraknya. Dimans data mekonikol yang digunakan pada pembangkit listrik Tenaga Mikro Hidro (PLTMH) ini adalah sumber air, pipa pesat (Penstoct), pengaarah air, rumah turbin, runner, dan poli utama (roda gila). Kemudian data elektrikal yang digunakan yaitu generator dan panel yong terdiri dari fuse, MCB, kapasitor dan kontaktor. Saat air dialirkan melalui pipa pesat (penstock) ke runner (Energi Potensial), maka runner akan bergerak berputar (Energi Mekanik) skibot adanya dorongan dari sumber energi primer yang masuk secara radial. Dimana kemudian poros turbin menggerakkan generator yang kemudian menimbulkan tegangan keluaran (Energi Listrik) yang dihubungkan ke beban-beban yang bersifat Resistif (R), Kapasitf (C) dan Induktif (L). Dari percobaan ysng telah dilaksanakan diperoleh tegangan keluaran tanpa beban genarator sebesar 300 volt dan daya 3 KW. Dengan dibebani ketiga jenis beban tersebut akan mempengaruhi tegangan kerja generator sesuai dengan sifat dari masing- masing beban.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Unit atau Lembaga: UNSPECIFIED
Depositing User: girl 123 456
Date Deposited: 29 Apr 2011 09:25
Last Modified: 06 Oct 2011 08:02
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/12534

Actions (login required)

View Item View Item