Repository Universitas Andalas

PERAWATAN SISTEM PENGEPRESSAN PADA MESIN SCREW PRESS PABRIK KELAPA SAWIT KAPASITAS 30 TON/JAM

Satrya, Donny (2008) PERAWATAN SISTEM PENGEPRESSAN PADA MESIN SCREW PRESS PABRIK KELAPA SAWIT KAPASITAS 30 TON/JAM. Other thesis, Politeknik.

[img]
Preview
PDF (PERAWATAN SISTEM PENGEPRESSAN PADA MESIN SCREW PRESS PABRIK KELAPA SAWIT KAPASITAS 30 TON/JAM) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (320Kb) | Preview

Abstract

Kelapa Sawit merupakan tanaman jenis Palma yang dapat menghasilkan minyak sawit yaitu berupa CPO ( Crude Palm Oil ) yangterdapat pada daging buah sawit ( Mesokarpl, dan minyak inti sawit yang terdapat pada inti ( Kernel ), Hasil pengolahan dari CPO ini nantinya bisa diolah lagi menjadi beberapa bahan kebutuhan pokok m:as!?takal, seperti : minyak goreng, saburq detergen, dll. Teknologi pengolahan Kelapa Sawit menjadi minyak sawit merupakan hasil dari pengempaan dari Buah Sawit tersebut. Mesin Screw Press digunakan dalam proses pengempaan atau pongepressan Btrah Sawit dengan cara gravitasi atau ekstraksi pelarut. Mesin Scrgw Press initerdiri dari Elektro Motor, Hidrolik Press, Scran Worm ( Ulir Cacing), Press Cage, V Belt, danKopling. Perawatan yang dilakukan terhadap Mesin ScrewPress ini dapat diatasi dengan berbagai cara, salah satunya yaitu perawatan pencegahan ( preventive maintenancel dan perawatan prediksi ( predictive mointenance ) . Perawatan pencegahan ini dimaksudkan agar Mesin Screw Press dapat beroperasi dengan lancar dan tidak menghambat dalam proses produksi. Perawatan pencegahan ini terdiri dari perawatan harian, perawatan mingguan, perawatan bulanaq dan perawatan tahunan. Perawatan prediksi ini berdasarkan dari pemantauan kondisi keqa dari Mestn Scran Press, sehingga dapat diprediksi kapan komponen dari Mesin Screw Press dapat diperbaiki, diganti atau dtservice. Apabila perawatan yang dilakukan berjalan dengan sempurna, maka bisa memperpanjang usia pakai dari Mesin Screw Press, sehingga proses produksi dapat bedalan dengan lancar.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Unit atau Lembaga: UNSPECIFIED
Depositing User: SSi Resta Yanda
Date Deposited: 13 May 2011 08:00
Last Modified: 13 May 2011 08:00
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/12588

Actions (login required)

View Item View Item