Repository Universitas Andalas

ANALISIS SALURAN DRAINASE KOMPLEK PERUMAHAN MUTIARA PUTIH KELURAHAN BATANG KABUNG KOTO TANGAH PADANG

Monica, Zelfa Lonna (2008) ANALISIS SALURAN DRAINASE KOMPLEK PERUMAHAN MUTIARA PUTIH KELURAHAN BATANG KABUNG KOTO TANGAH PADANG. Other thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
PDF (ANALISIS SALURAN DRAINASE KOMPLEK PERUMAHAN MUTIARA PUTIH KELURAHAN BATANG KABUNG KOTO TANGAH PADANG) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (604Kb) | Preview

Abstract

Komplek Perumahan Mutiara Putih merupakan salah satu daerah yang rawan banjir di Kecamatan Koto Tangah. Banjir yang terjadi disebabkan oleh kapasitas saluran yang tidak dapat menampung curah hujan dalam waktu lama dengan intensitas curah hujan yang tinggi. Disamping kondisi tersebut banjir juga disebabkan oleh kurangnya lahan sebagai media resapan air tanah dan kurangnya perhatian masyarakat sekitar untuk memelihara saluran drainase. Intensitas curah hujan yang digunakan adalah dengan membandingkan intensitas curah hujan yang dihitung secara langsung ketika terjadi hujan puncak yang tinggi dalam durasi tertentu (data primer) dengan intensitas curah hujan yang berasal dari data yang dihimpun oleh stasiun pengamatan hujan (data sekunder). Intensitas curah hujan yang dihasilkan oleh stasiun pengamatan hujan Tabing dapat dihitung dengan menggunakan Metode Rasional (Mononobe), Talbot, Ishiguro dan Sherman dalam interval 1 (satu) jam dengan waktu pengamatan curah hujan tertinggi dari tahun 2004-2007. Pemecahan masalah banjir ini dapat diatasi dengan redesign penataan sistem drainase yaitu mengubah arah alirannya, merubah kemiringan saluran drainase, merubah elevasi titik-titik saluran drainase, merubah kedalaman saluran drainase dan merubah bahan material penyusun saluran drainase serta penambahan gorong-gorong ataupun, serta penanggulangan banjir Komplek Perumahan Mutiara Putih. Sehingga komplek perumahan yang awalnya banjir, diharapkan setelah adanya perbaikan-perbaikan pada saluran drainase tersebut tidak lagi mengalami kebanjiran. Dari hasil penelitian ini didapatkan dimensi saluran drainase, penataan sistem drainase serta penanggulangan banjir Komplek Perumahan Mutiara Putih.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Unit atau Lembaga: Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: Haryoshi Utami
Date Deposited: 13 May 2011 07:57
Last Modified: 12 Oct 2011 09:19
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/12647

Actions (login required)

View Item View Item