Repository Universitas Andalas

PERTANGGUNG JAWABAN PENGURUS PADA ANGGOTA KOPERASI SEBAGAI SUATU BADAN HUKUM (Studi Pada Koperasi Unit Desa (KUD) Sungai Dareh Kabupaten Dharmasraya)

Dista, Welyam (2008) PERTANGGUNG JAWABAN PENGURUS PADA ANGGOTA KOPERASI SEBAGAI SUATU BADAN HUKUM (Studi Pada Koperasi Unit Desa (KUD) Sungai Dareh Kabupaten Dharmasraya). Other thesis, Fakultas Hukum .

[img]
Preview
PDF (PERTANGGUNG JAWABAN PENGURUS PADA ANGGOTA KOPERASI SEBAGAI SUATU BADAN HUKUM (Studi Pada Koperasi Unit Desa (KUD) Sungai Dareh Kabupaten Dharmasraya)) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (581Kb) | Preview

Abstract

Undang-undang Dasar 1945 khususnya Pasal 33 ayat 1 menyatakan bahwa perekonomian Indonesia disusun sebagai usaha bersama berdasarkan asas kekeluargaan. Selanjutnya penjelasan Pasal 33 menyatakan bahwa kemakmuran masyarakatlah yang diutamakan bukanlah orang-seorang dan perusahaan. Maka bentuk usaha yang sesuai dengan pasal tersebut adalah koperasi. Koperasi merupakan organisasi rakyat yang beranggotakan orang seorang atau badan hukum koperasi, dimana Koperasi Unit desa (KUD) Sungai dareh Kabupaten Dharmasraya merupakan suatu wujud nyata sebagai wadah untuk mensejahterakan anggota pada khususnya dan masyarakat pada umumnya. Untuk itu diperlukan pengurus dalam melaksanakan tugas, wewenang dan tanggung jawab sesuai dengan Undang-undang No. 25 Tahun 1992 tentang perkoperasian.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: K Law > K Law (General)
Unit atau Lembaga: Fakultas Hukum > Hukum
Depositing User: SSi Santi Ariningsih
Date Deposited: 13 May 2011 07:52
Last Modified: 27 Sep 2011 06:34
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/12710

Actions (login required)

View Item View Item