Repository Universitas Andalas

Tinjauan Stabilitas Bebean Statis Dan Kegempaan Pada Perkuatan Tanah di Oprit Jembatan Siti Nurbaya

Yulia, Risa Prima (2008) Tinjauan Stabilitas Bebean Statis Dan Kegempaan Pada Perkuatan Tanah di Oprit Jembatan Siti Nurbaya. Other thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
PDF (Tinjauan Stabilitas Bebean Statis Dan Kegempaan Pada Perkuatan Tanah di Oprit Jembatan Siti Nurbaya) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (820Kb) | Preview

Abstract

Gempa bumi merupakan kejadian berbahaya yang dapat merusak suatu konstruksi sipil. Selama gempa berlangsung, suatu konstruksi mendapat beban tambahan berupa beban horizontal. Sebagai contoh kasus kita dapat lihat pada struktur jembatan. Jembatan merupakan suatu konstruksi yang mempunyai peranan penting. Jembatan terdiri dari berbagai elemen, salah satunya adalah oprit. Untuk menahan massa tanah pada oprit biasanya digunakan dinding penahan tanah. Dinding penahan tanah pada oprit jembatan Siti Nurbaya menggunakan metode perkuatan tanah (reinforced earth method). Masalah yang ditinjau adalah bagaimana stabilitas dari perkuatan tanah pada oprit terhadap beban gempa. Tinjauan stabilitas dari suatu struktur perkuatan tanah dimaksudkan agar struktur tanah yang dibuat dapat memikul dan stabil dalam setiap beban yang terjadi pada struktur tersebut. Stabilitas suatu struktur perkuatan tanah diperlihatkan dengan suatu faktor keamanan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Unit atau Lembaga: Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: masanori sari ariningsih
Date Deposited: 04 May 2011 04:24
Last Modified: 12 Oct 2011 04:20
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/12736

Actions (login required)

View Item View Item