Repository Universitas Andalas

Efektifitas Semen PCC (Portland Composite Cement) Sebagai Bahan Stabilisasi Pada Tanah Lempung Aie Pacah Kota Padang

Budiman, Irsyad Satria (2008) Efektifitas Semen PCC (Portland Composite Cement) Sebagai Bahan Stabilisasi Pada Tanah Lempung Aie Pacah Kota Padang. Other thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
PDF (Efektifitas Semen PCC (Portland Composite Cement) Sebagai Bahan Stabilisasi Pada Tanah Lempung Aie Pacah Kota Padang) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (998Kb) | Preview

Abstract

Penelitian yang menggunakan zat kimia terutama semen sebagai bahan stabiiisasi terhadap tanah lempung sudah banyak dilakukan namun untuk penggunaan semen PCC (Portland Composite Cement) yang diproduksi oleh PT. Indocement Tinggal Prakasa. Tbk dengan merek Tiga Roda, khususnya untuk tanah lempung Kota Padang belum pernah dilakukan. Stabilisasi kimiawi ini dilakukan dengan penambahan semen PCC dengan variasi kadar semen 0%,5%, 100% dan 150% untuk masa pemeraman 0 hari, 3 hari dan 7 hari pada kondisi kadar air optimum. Pengujian yang dilakukan meliputi sifat fisik dan sifat mekanik tanah. Semua pengujian yang dilaksanakan dalam penelitian ini berpedoman pada standar ASTM. Dari hasii pemeriksaan dan pengujian sifat fisik tanah didapatkan penambahan semen akan mengakibatkan kecendrungan indeks plastisitas turun. Jika dilihat dari pemeriksaan dan pengujian sifat mekanik tanah, nilai CBR unsoaked pada kondisi tanpa pemeraman cenderung meningkat pada kondisi penambahan semen tertentu kemudian berkurang ketika terjadi penambahan kadar semen diatas kondisi itu. Namun nilai CBR soaked pada kondisi tanpa pemeraman cenderung meningkat dengan penambahan semen. Nilai kuat tekan bebas (qu) pada kondisi tanpa pemeraman juga memiliki karakteristik yang sama dengan pengujian CBR yakni cenderung meningkat pada kondisi penambahan semen tertentu kemudian berkurang ketika terjadi penambahan kadar semen diatas kondisi itu. Kondisi optimal untuk pemakaian semen PCC sebagai bahan stabilisasi tanah lempung Aie Pacah Kota Padang adalah sebesar 10%.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Unit atau Lembaga: Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: masanori sari ariningsih
Date Deposited: 04 May 2011 04:35
Last Modified: 03 Oct 2011 07:42
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/12741

Actions (login required)

View Item View Item