Repository Universitas Andalas

Pengaruh NAA terhadap Pertumbuhan Bibit Nenas (Ananas comosus L. Merr) Pada Tahap Aklimatisasi

Marzuki, Marzuki (2008) Pengaruh NAA terhadap Pertumbuhan Bibit Nenas (Ananas comosus L. Merr) Pada Tahap Aklimatisasi. Masters thesis, Program Pasca Sarjana Universitas Andalas.

[img]
Preview
PDF (Pengaruh NAA terhadap Pertumbuhan Bibit Nenas (Ananas comosus L. Merr) Pada Tahap Aklimatisasi) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (510Kb) | Preview

Abstract

Nenas (Ananas comosus L. Men) merupakan sarah satu komoditas hortikultura yang mempunyai nilai ekonomi tinggi. Prospek agribisnis buah nenas sangat cerah, baik pasar dalam negeri maupun pasar luar negeri. Keberhasilan penanaman nenas sangat ditentukan oleh kualitas bibit yang digunakan. Kualitas bibit yang baik harus berasal dari tanaman yang pertumbuhannya normal, sehat serta bebas dari hama dan penyakit Pembudidayaan tanaman nenas yang dilakukan secara konvensional biasanya menggunakan bibit dari anakan. Sekarang ini untuk penanaman nenas secara komersial dalam skala besar telah menggunakan bibit hasil perbanyakan kultur jaringan. Bibit hasil kultur jaringan sebelum dipindahkan ke lapangan harus dilakukan aklimatisasi terlebih dahulu. Aklimatisasi dapat diartikan sebagai penyesuaian suatu organisme untuk beradaptasi dengan lingkungan yang baru. Planlet hasil kultur in vitro biasanya memiliki perakaran yang sangat sedikit dan lemah. untuk menunjang keberhasilan pertumbuhan bibit pada masa aklimatisasi dibutuhkan zat pengatur tumbuh yang dapat merangsang akar. salah satu bahan yang digunakan untuk merangsang pertumbuhan akar adalah NAA. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperoleh konsentrasi dan lamanya perendaman bibit dalam larutan NAA paling baik dalam upaya mengoptimalkan pertumbuhan bibit nenas pada tahap aklimatisasi.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Unit atau Lembaga: Paca Sarjana > Strata 2 > Agronomi
Depositing User: masanori sari ariningsih
Date Deposited: 13 May 2011 03:24
Last Modified: 11 Oct 2011 08:54
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/12794

Actions (login required)

View Item View Item