Repository Universitas Andalas

PERNCANAAN GOVERNOR MENGGUNAKAN MOTOR DC PADA PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA MIKRO HIDRO (PLTMH) DI POLITEKNIK PADANG

WELSON , MASNA (2008) PERNCANAAN GOVERNOR MENGGUNAKAN MOTOR DC PADA PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA MIKRO HIDRO (PLTMH) DI POLITEKNIK PADANG. Other thesis, Politeknik.

[img]
Preview
PDF (PERNCANAAN GOVERNOR MENGGUNAKAN MOTOR DC PADA PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA MIKRO HIDRO (PLTMH) DI POLITEKNIK PADANG) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (302Kb) | Preview

Abstract

Perkembangan yang terjadi di berbagai bidang saat ini, menjadi magnet untuk mendapatkan suatu kesejateraan, kenyamanan dan keamanan dal;am kehidupan, pellerangan, mengoperasikan peralatan rumah tangga, menjalankan mesin, ini merupakan contoh kecil dari penggunaan listrik, bahkan hampir semua peralatan yang kita gunakan berhubungan dengan listrik. Begitu sentralnya pengaruh listrik dalam kehidupan kita, tetapi saat ini masih banyak masyarakat yang belum bisa menikmati energi listrik tersebut, hal ini disebabkan oleh sedikitnya pembangkit yang menyebabkan kecilnya sumber energi listrik, bahkan wilayah perkotaan tidak luput dari darrpak tersebut, seperli mendapatkan pemadaman bergilir. Mernperbanyak jumlah pembangkit untuk memenuhi kebutuhan sumber energi listrik merupakan solusi yang tepat. Dengan kemajuan ilmu pengetahuan, energi listrik bisa didapatkan dari mana saja, daerah pegunungan, hingga daratan rendah seperli pantai bisa menghasilkan energi listrik dengan kapasitas besar dan kecil. Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro (PLTMH) merupakan salah satu contoh pembangkit yang paling banyak digunakan untuk menghasilkan energi listrik. Hanya dengan aliran sungai ditambah dengan beberapa peralatan lainnya, energi listrik dapat dinikliati. Energi iistrik yang didapatkan dapat dikendalikan secara otornatis dengan menggunakan governor. Govemor merupakan peralatan Banfu pembangkit yang berfungsi untuk membuka dan menutup katub yang ada pada turbin, sehingga aliran air yang masuk dapat dikendalikan unluk mendapatkan tegangan yang selalu berada dalam keadaan stabil.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Unit atau Lembaga: UNSPECIFIED
Depositing User: SSi Resta Yanda
Date Deposited: 13 May 2011 03:22
Last Modified: 13 May 2011 03:22
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/12811

Actions (login required)

View Item View Item