Repository Universitas Andalas

ANALISA PENURUNAN TIMBUNAN DENGAN PRELOADING DAN STABILITAS LERENG TIMBUNAN DENGAN DAN TANPA GEOTEXTILE

Leilani, Lily (2008) ANALISA PENURUNAN TIMBUNAN DENGAN PRELOADING DAN STABILITAS LERENG TIMBUNAN DENGAN DAN TANPA GEOTEXTILE. Other thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
PDF (ANALISA PENURUNAN TIMBUNAN DENGAN PRELOADING DAN STABILITAS LERENG TIMBUNAN DENGAN DAN TANPA GEOTEXTILE) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (584Kb) | Preview

Abstract

Pembangunan konstruksi di atas tanah lunak akan menghadapi beberapa masalah Geoteknik. salah satunya adalah timbunan badan jalan. Masalah yang muncul adalah stabilitas timbunan dan penurunan (konsolidasi) tanah yang apabila mengalami pembebanan di atasnya maka tekanan air pori akan naik sehingga air pori keluar yang menyebabkan berkurangnya volume tanah. Oleh karena itu akan terjadi penurunan pada tanah. Salah satu metoda untuk mempercepat terjadinya proses konsolidasi untuk konstruksi dari beberapa struktur yaitu dengan menggunakan metoda prakompresi atau pembebanan awal (preloading) dan dengan ditambahkannya geotekstil sebagai perkuatan. Untuk timbunan badan jalan perlu dilakukan analisa stabilitas dan penurunan sehingga tinggi timbunan yang dikehendaki untuk badan jalan tidak akan mengalami penurunan lagi setelah konstruksi selesai dan kestabilan dari lereng timbunan dapat terpenuhi. Analisa stabilitas dan penurunan timbunan dilakukan secara analitik dan pendekatan numerik (software PLAXIS versi 8.2). Dari hasil perhitungan diperoleh bahwa semakin besar beban preloading maka waktu penurunan konsolidasi untuk mencapai penurunan akhir rencana (final consolidation settlement) akan semakin cepat dan angka keamanan (safety factor) semakin kecil. Pelaksanaan jalan diatas tanah lunak dengan perkuatan geotextile dapat menghindarkan terjadinya keruntuhan lokal pada tanah lunak karena rendahnya daya dukung tanah.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Unit atau Lembaga: Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: Haryoshi Utami
Date Deposited: 13 May 2011 03:22
Last Modified: 05 Oct 2011 07:03
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/12813

Actions (login required)

View Item View Item