Repository Universitas Andalas

PERENCANAAN PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA MIKROHIDRO PADANG AMBACANG KABUPATEN LIMA PULUH KOTA

Rusli, Andi Mulya (2008) PERENCANAAN PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA MIKROHIDRO PADANG AMBACANG KABUPATEN LIMA PULUH KOTA. Other thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
PDF (PERENCANAAN PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA MIKROHIDRO PADANG AMBACANG KABUPATEN LIMA PULUH KOTA) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (681Kb) | Preview

Abstract

Dari hasil survey yang dilakukan PT PLN pada tahun 2004, terdapat 47 persen desa-desa di seluruh nusantara yang belum terjangkau jaringan listrik. Untuk mengatasi masalah tersebut, pemerintah akan mengembangkan sistem Pembangkit Listrik Tenaga Mikrohidro (PLTMh), yang diharapkan dapat memenuhi ketersediaan jaringan energi listrik di daerah-daerah terpencil dan pedesaan di seluruh nusantara. Mikrohidro adalah pembangkit listrik tenaga air skala kecil (bip mencapai seratus kW). Karena kecilnya energi yang dihasilkan mikrohidro (dibandingkan dengan PLTA skala besar) berimplikasi pada relatif sederhananya peralatan serta kecilnya areal tanah yang digunakan untuk instalasi dan pengoperasian mikrohidro. Mikrohidro mendapatkan energi dari aliran air yang memiliki perbedaan ketinggian tertentu. Energi tersebut dimanfaatkan untuk memutar turbin yang dihubungkan dengan generator listrik. Dalam perencaan sebuah PLTMh, diawali dengan membendung air sungai. Hal ini bertujuan untuk menaikan muka air hinggga elevasi yang ditentukan. Jumlah debit yang digunakan untuk mikrohidro dapat ditentukan dari perhitungan debit andalan. Besarnya debit yang akan digunakan akan diambil oleh intake untuk dibawa ke bak pengendap. Selama di bak pengendap, sedimen akan mengalami pengendapan dan air akan masuk ke saluran pembawa untuk dibawa ke bak penenang. Dari bak penenang air di bawa ke rumah pembangkit yang telah dipasangkan turbin air melalui pipa pesat. Putaran turbin akibat dorongan air yang keluar dari pipa pesat akan dirobah oleh generator untuk menjadi aliran listrik.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Unit atau Lembaga: Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: Haryoshi Utami
Date Deposited: 13 May 2011 03:22
Last Modified: 12 Oct 2011 04:03
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/12826

Actions (login required)

View Item View Item