Repository Universitas Andalas

ANALISIS STABILITAS LERENG CURAM PADA LOKASI SALURAN IRIGASI DAN DRAINASE PANTI RAO KABUPATEN PASAMAN

Adrihadi, Adrihadi (2008) ANALISIS STABILITAS LERENG CURAM PADA LOKASI SALURAN IRIGASI DAN DRAINASE PANTI RAO KABUPATEN PASAMAN. Other thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
PDF (ANALISIS STABILITAS LERENG CURAM PADA LOKASI SALURAN IRIGASI DAN DRAINASE PANTI RAO KABUPATEN PASAMAN) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (564Kb) | Preview

Abstract

Kemiringan suatu tanah dapat terjadi secara alamiah. Unrestrained slope atau talud tak tertahan merupakan permukaan tanah miring dengan sudut tertentu terhadap bidang horizontal dan tidak dilindungi. Pekerjaan Saluran Irigasi dan Drainase Panti Rao terletak pada posisi yang cukup tinggi pada sebuah deposit atau massa tanah. Posisi ini dilakukan pada sebuah bukit yang dijebol sehingga terbentuk terowongan sebagai saluran irigasi dan drainase. Dengan posisi topografinya yang relatif memiliki perbedaan ketinggian yang besar, maka secara teknis mempunyai resiko terhadap kegagalan (failure) yang besar pula. Untuk itu perlu dikaji secara ilmiah mengenai resiko geoteknik pada daerah di sekitar Pekerjaan Saluran Irigasi dan Drainase tersebut. Perhitungan yang dipakai metoda bishop dengan menggunakan program Stable yang menganalisis 3 jenis lereng yaitu lereng alam, lereng post construction tanpa perkuatan dan lereng post construction dengan perkuatan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa resiko akan kegagalan (faiture) pada beberapa titik sangat tinggi dan faktor keamanan (safety factor) kecil dari faktor keamanan perlu. Untuk lereng alami kecil dari 1.5 dengan resiko menengah dan lereng post construction tanpa perkuatan dan dengan perkuatan kecil dari 1.8 dengan resiko tinggi.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Unit atau Lembaga: Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: Haryoshi Utami
Date Deposited: 13 May 2011 03:14
Last Modified: 05 Oct 2011 04:06
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/12863

Actions (login required)

View Item View Item