Repository Universitas Andalas

STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA PEMBIBITAN USAHA PEMBIBITAN KAMBING CROSS BOER (studi Kasus: Pusat Pembibitan Kambing cross Boer Farm Boncah di Nagari Barulak Kecamatan Tanjung Baru Kabupaten Tanah Datar)

Kurniawati, Eva (2010) STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA PEMBIBITAN USAHA PEMBIBITAN KAMBING CROSS BOER (studi Kasus: Pusat Pembibitan Kambing cross Boer Farm Boncah di Nagari Barulak Kecamatan Tanjung Baru Kabupaten Tanah Datar). Other thesis, Fakultas Peternakan..

[img]
Preview
PDF (STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA PEMBIBITAN USAHA PEMBIBITAN KAMBING CROSS BOER (studi Kasus: Pusat Pembibitan Kambing cross Boer Farm Boncah di Nagari Barulak Kecamatan Tanjung Baru Kabupaten Tanah Datar)) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (558Kb) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan pada Pusat Pembibitan Kambing Cross Boer Farm Boncah di Nagari Banrlak Kecamatan Tanjung Baru Kabupaten Tanah Datar mulai tanggal 0l Februari sampai dengan 28 Februari 2009, dengan tujuan untuk mengetahui kondisi internal dan eksternal usaha Farm Boncah dan merumuskan alternatif sfiategi yang tepat untuk pengembangan usaha tersebut. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode studi kasus, pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi dan wawancara langsung dengan pimpinan utama pusat Pernbibitan Kambing cross Boer Farm Boncah dan karyawannya. Data yang diamati adalah lingkungan menggunakan Internal Eksternal Matrik da dilanjutkan dengan Matriks SWOT. Lingkungan Intemal yang diamati antara lain manajemen produksi, manajemen sumber daya manusia, manajemen pemasaran, manajemen keuangan, Lingkungan eksternal yang diamati terdiri dari Lingkungan eksternal dekat meliputi pesaing pernasok dan pernbeli. Lingkungan eksternal jauh meliputi asp�k geografis, aspek ekonomi, aspek teknoiogi, aspek sosial buday4 peraturan dan kebijakan panerintah. Dari hasil pettelitian- diketahui bahwa lingkngan internal dan ekstemal usaha Pusat Pembibitan Kambing Farm Boncah mendukung untuk pengembangan usatra pembibitan tersebut. Dari hasil penelitian ini dapat ditentukan sfiategi yang tepat digunakan adalah strategi pertumbuhan melalui integrasi horizontal. Alternatif sfategi yang dapat digunakan antara lain meningkatkan jumlatr populasi ternak yang dip�tidra hingga memenuhi kapasitas kandang dan sehingga dapat memenuhi permi.rtaan kambing yang tinggi, meningkatkan hubungan dengan pemasok demi kelangsungan hidup perusahaan dan mengoptimalkan sumber daya perusahaan dengan menambah kandang dan ternak pada lahan yang masih belum termanfaatkan dan alternatif strategi lainnya. Yang menjadi strategi prioritas adalah : 1). Perusahaan meningkatkan jumlah populasi ternak yang dipelihara hingga memenuhi kapasitas kandang dan sehingga dapat memenuhi-permintaan kambing yang tinggi. 2) Mengadakan pelatihan dan pembekalan pengetahuan kepada tenaga kerja agar kualitas tenaga kerja meningkat.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Unit atau Lembaga: Fakultas Perternakan > Teknologi Produksi Ternak
Depositing User: SSi Resta Yanda
Date Deposited: 13 May 2011 03:14
Last Modified: 13 May 2011 03:14
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/12866

Actions (login required)

View Item View Item