Repository Universitas Andalas

STUDI GETARAN PADA MODA TRANSPORTASI AKIBAT BEBERAPA TIPE PERKERASAN JALAN DI KAMPUS UNAND LIMAU MANIS

Barlian, Ilham (2008) STUDI GETARAN PADA MODA TRANSPORTASI AKIBAT BEBERAPA TIPE PERKERASAN JALAN DI KAMPUS UNAND LIMAU MANIS. Other thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
PDF (STUDI GETARAN PADA MODA TRANSPORTASI AKIBAT BEBERAPA TIPE PERKERASAN JALAN DI KAMPUS UNAND LIMAU MANIS) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (547Kb) | Preview

Abstract

Penerapan prinsisp-prinsip ilmu pengetahuan dan teknologi dalam suatu perencanaan transportasi jalan raya dapat digunakan untuk menjamin suatu pergerakan orang dan barang secara aman, cepat, nyaman, sesuai keinginan dan serasi dengan lingkungan. Pergerakan orang dan barang akan terganggu jika salah satu syarat tadi tidak dapat dipenuhi. Dalam perencanaan transportasi, kita mungkin tidak akan memperoleh semua syarat yang diinginkan. Namun, perlu diingat, dalam suatu perencanaan transportasi, keamanan dan kenyaman adalah hal yang harus diutamakan. Pada umumnya, keamanan dan kenyamanan suatu moda transportasi jalan raya dipengaruhi oleh kondisi perkerasan jalan pada moda transportasi tersebut. Keamanan dan kenyamanan akan terpenuhi jika kondisi perkerasan jalan dalam keadaan baik. Getaran yang dirasakan oleh pengemudi dan penumpang pada kendaraan yang melewati perkerasan jalan dapat mempengaruhi aspek keamanan dan kenyamanan. Besar kecilnya getaran yang ditimbulkan tentunya akan sangat mempengaruhi kondisi kenyamanan pengemudi dan penumpang serta keamanan kendaraan yang melewati perkerasan jalan tersebut. Efek getaran akan semakin meningkat jika frekuensi getaran dari sumber getaran sama dengan frekuensi alami dari bagian tubuh manusia. Baku tingkat getaran mekanik dan getaran kejut adalah batas maksimal tingkat getaran mekanik yang diperbolehkan dari usaha atau kegiatan pada media padat sehingga tidak menimbulkan gangguan terhadap kenyamanan dan kesehatan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Unit atau Lembaga: Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: Haryoshi Utami
Date Deposited: 13 May 2011 03:13
Last Modified: 27 Sep 2011 06:42
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/12867

Actions (login required)

View Item View Item