Repository Universitas Andalas

ANALISA PERBANDINGAN DISPLACEMENT JEMBATAN CABLE STAYED TIPE FAN DAN HARP AKIBAT BEBAN GEMPA

Fauthrisno, Aulia Ekadana (2008) ANALISA PERBANDINGAN DISPLACEMENT JEMBATAN CABLE STAYED TIPE FAN DAN HARP AKIBAT BEBAN GEMPA. Other thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
PDF (ANALISA PERBANDINGAN DISPLACEMENT JEMBATAN CABLE STAYED TIPE FAN DAN HARP AKIBAT BEBAN GEMPA) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (706Kb) | Preview

Abstract

Jembatan cable stayed adalah jembatan yang menggunakan kabel-kabel berkekuatan tinggi sebagai penggantung yang menghubungkan gelagar jembatan dengan menara (pylon). Jembatan cable stayed memiliki keunggulan daripada jembatan biasa. Dari segi struktur, jembatan cable stayed memiliki struktur yang lebih ringan sehingga lebih ekonomis untuk bentang menengah dan panjang. Dari segi estetika, jembatan cable stayed memiliki keindahan pada susunan kabelnya. Berdasarkan susunan kabel, jembatan cable stayed ini terdiri dari beberapa jenis diantaranya adalah tipe fan dan tipe harp. Jembatan cable stayed tipe fan memiliki pola susunan kabel dengan sudut yang berbeda. Sedangkan jembatan cable stayed tipe harp memiliki pola susunan kabel yang sejajar dan dengan sudut yang sama. Salah satu dari beberapa jenis jembatan cable stayed dapat kita pilih untuk dibangun sebagai jalur penghubung antar pulau di Indonesia. Karena Indonesia merupakan daerah rawan gempa, maka sebelum memilih salah satu dari beberapa jenis jembatan cable stayed, terlebih dahulu kita perlu menganalis kekuatan masing-masing jembatan ini terhadap beban gempa. Kekuatan yang dimaksud dapat dilihat dari segi displacement atau perpindahan. Dengan meninjau kekuatan jembatan dari segi displacement, kita bisa melihat kekuatan dari struktur jembatan tersebut. Apabila struktur jembatan mengalami displacement yang kecil, itu berarti struktur jembatan tersebut memiliki kekakuan yang besar. Hal itu menunjukkan bahwa struktur jembatan tersebut kuat terhadap beban yang diberikan. Jika struktur jembatan mengalami displacement yang besar, itu berarti struktur jembatan tersebut memiliki kekakuan yang kecil. Hal ini menunjukkan bahwa struktur jembatan tersebut kurang kuat terhadap beban yang diberikan. Untuk mengetahui seberapa besar displacement atau perpindahan yang terjadi pada struktur jembatan cable stayed, maka dilakukan perhitungan dengan menggunakan salah satu program analisis struktur. Dari hasil perhitungan tersebut, secara umum, jembatan cable stayed tipe harp memiliki displacement yang lebih besar dari pada tipe fan. Secara umum, jembatan cable stayed tipe harp memiliki displacement yang lebih besar dari pada tipe fan. Hal ini disebabkan karena kabel pada tipe fan menjangkau hampir seluruh bagian dari gelagar jembatan, dengan kata lain kabel tersebut menahan hampir seluruh bagian dari gelagar jembatan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Unit atau Lembaga: Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: Haryoshi Utami
Date Deposited: 13 May 2011 03:12
Last Modified: 04 Oct 2011 03:55
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/12879

Actions (login required)

View Item View Item