Repository Universitas Andalas

EVALUASI KINERJA PELAYANAN ANGKUTAN ANTAR KOTA DALAM PROPINSI (Studi Kasus : Angkutan Tranex Padang-Bukittinggi PP)

Heryunita, Widya (2008) EVALUASI KINERJA PELAYANAN ANGKUTAN ANTAR KOTA DALAM PROPINSI (Studi Kasus : Angkutan Tranex Padang-Bukittinggi PP). Other thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
PDF (EVALUASI KINERJA PELAYANAN ANGKUTAN ANTAR KOTA DALAM PROPINSI (Studi Kasus : Angkutan Tranex Padang-Bukittinggi PP)) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (650Kb) | Preview

Abstract

Pada saat sekarang ini telah banyak tersedia berbagai macam angkutan antar kota yang dapat menghubungkan kota padang dengan kota-kota lainnya di Sumatera Barat. Moda yang biasa digunakan adalah bus dengan kapasitas yang besar, akan tetapi semakin lama moda ini semakin sulit dioperasikan disebabkan oleh beberapa faktor, antara lain karena biaya operasional yang dibutuhkan makin tidak terpenuhi. Hal ini memicu bermunculannya travel-travel yang beroperasi tanpa izin pemerintah. untuk menghindari pemilihan moda yang tidak diinginkan seperti di atas, saat sekarang ini dioperasikanlah angkutan antarkota Tranex dengan izin pemerintah. Studi bertujuan untuk mengevaluasi kinerja angkutan Tranex ini dalam pelayanan antarkota Padang dan Bukittinggi. Survei data dilakukan dengan dua cara yaitu primer dan sekunder. Survei primer dilakukan selama dua hari mewakili dari kegiatan hari libur dan hari kerja. Survei sekunder dilakukan dengan cara wawancara dengan perusahan dan instansi yang terkait. Data yang dikumpulkan meliputi : waktu keberangkatan dan kedatangan, waktu tunggu, jumlah penumpang naik dan biaya operasional kendaraan. Indikator yang dianalisis meliputi: faktor muat, utilisasi, umur kendaraan, headway, kecepatan, waktu tempuh dan kelayakan. Dari hasil pengolahan data yang telah didapat diperoreh: nilai faktor muat rata-rata pada hari libur 81,95 %, untuk hari kerja 79,54 %, utilisasi rata-rata sebesar 308,8 km/hari, umur kendaraan rata-rata 1,53 tahun, headway rata-rata pada hari libur selama 13.85 menit, untuk hari kerja 18,04 menit, kecepatan rata-rata 42,75 km/jam untuk hari libur dan 47,35 km/jam pada hari kerja. Waktu tempuh rata-rata 2 jam 12 menit untuk hari libur, 1 jam 59 menit untuk hari kerja. Waktu tunggu rata-rata untuk hari libur 13,26 menit, untuk hari kerja 15,31 menit. Nilai kelayakan rata-rata yang didapat yaitu 0,94. Dari indikator-indikator tersebut sebagian besar menunjukkan bahwa kinerja pelayanan angkutan Tranex Padang-Bukittinggi pp tergolong baik.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Unit atau Lembaga: Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: Haryoshi Utami
Date Deposited: 13 May 2011 02:44
Last Modified: 05 Oct 2011 07:42
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/12888

Actions (login required)

View Item View Item