Repository Universitas Andalas

EFEKTIFITAS MODAL DANA BERGULIR DALAM PROGRAM PENANGGULANGAN KEMISKINAN PERKOTAAN (P2KP) (Studi kasus Program Penanggulangan Kemiskinan di Kota padang)

Syahrial, Syahrial (2008) EFEKTIFITAS MODAL DANA BERGULIR DALAM PROGRAM PENANGGULANGAN KEMISKINAN PERKOTAAN (P2KP) (Studi kasus Program Penanggulangan Kemiskinan di Kota padang). Masters thesis, Program Pasca Sarjana Universitas Andalas.

[img]
Preview
PDF (EFEKTIFITAS MODAL DANA BERGULIR DALAM PROGRAM PENANGGULANGAN KEMISKINAN PERKOTAAN (P2KP) (Studi kasus Program Penanggulangan Kemiskinan di Kota padang)) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (562Kb) | Preview

Abstract

Program penanggulangan kemiskinan hampir selalu memiliki kegiatan penguatan ekonomi rumah tangga melalui skema pinjaman modal dana bergulir (revolvingfund) yang dipandang efektif dapat meningkatkan pendapatan. Pelaksanaan sistem dana bergulir di berbagai program kemiskinan terdahulu menggalami kegagalan karena salah sasaran, salah penggunaan, realisasi dana yang lama dan terkesan berbelit- belit pada akhir terjadi macet pengembalian kredit. Kondisi ini menunjukkan bahwa modal dana bergulir tidak effektif terhadap penanggulangan kemiskinan. Berangkat dari penggalaman sebelumnya banyak pihak merasa pesimis penguatan ekonomi rumah tangga miskin dalam Program Penanggulangan Kemiskinan (P2KP) di Kota Padang akan mengalami nasib serupa. Penelitian ini bertujuan melihat efektifitas pinjaman modal dana bergulir dan sistem pengelolaanya dalam mengatasi persoalan kemiskinan pada dua kelurahan di Kota Padang. Adapun variabel penelitian dari efektifitas meliputi ; tepat sasaran waktu pencairan, penggunaan dana bergulir sesuai dengan proposal usaha yang diajukan dan manfaat dana bergulir terhadap peningkatan ekonomi rumah tangga miskin. Sedangkan variabel dari pengelolaan modal dana bergulir meliputi ; kemampuan lembaga pengelola dalam menjalankan aturan dan sanksi, persepsi masyarakat sistem pengembalian dan pengguliran pada penerima manfaat berikutnya.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Unit atau Lembaga: UNSPECIFIED
Depositing User: masanori sari ariningsih
Date Deposited: 12 May 2011 09:14
Last Modified: 11 Oct 2011 04:20
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/12941

Actions (login required)

View Item View Item