Repository Universitas Andalas

Kajian Toleransi Aluminium Dari Kultivar Padi Lokal Sumatera Barat Pada Ultisols yang Diberi Bahan Organik Dengan Metode Penanaman SRI (The System of Rice Intensification)

Soemarsono, Soemarsono (2008) Kajian Toleransi Aluminium Dari Kultivar Padi Lokal Sumatera Barat Pada Ultisols yang Diberi Bahan Organik Dengan Metode Penanaman SRI (The System of Rice Intensification). Masters thesis, Program Pasca Sarjana Universitas Andalas.

[img]
Preview
PDF (Kajian Toleransi Aluminium Dari Kultivar Padi Lokal Sumatera Barat Pada Ultisols yang Diberi Bahan Organik Dengan Metode Penanaman SRI (The System of Rice Intensification)) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (562Kb) | Preview

Abstract

Di Sumatera Barat terdapat padi jenis lokal yang keberadaanya saat ini sulit untuk ditemukan karena tidak banyak masyarakat yang membudidayakan. Agar padi tersebut mempunyai peluang untuk dikembangkan atau sebagai koleksi plasma nutfah yang merupakan sumber bahan genetik dan bahan populasi dasar untuk perakitan varietas unggul, maka perlu dilakukan studi resistensi terhadap cekaman biotik dan cekaman abiotik. Salah satu cekaman abiotik yang perlu ditentukan yaitu toleransi terhadap keracunan aluminium (Al). Aluminium dapat menimbulkan efek yang merugikan pertumbuhan tanaman baik secara langsung maupun tidak langsung. Pengaruh cekaman Al tidak sama pada semua tanaman bahkan dalam spesies yang sama. Akar merupakan bagian tanaman yang paling sensitif terhadap keracunan Al. Gejala awal yang tampak pada tanaman yang keracunan Al, yaitu tidak berkembangnya sistem perakaran sebagai akibat penghambatan perpanjangan sel. Hal ini diduga terjadi penggabungan Al dengan dinding sel dan penghambatan pembelahan sel, sehingga menghambat penyerapan air dan hara.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Unit atau Lembaga: Paca Sarjana > Strata 2 > Agronomi
Depositing User: masanori sari ariningsih
Date Deposited: 12 May 2011 09:14
Last Modified: 10 Oct 2011 07:55
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/12943

Actions (login required)

View Item View Item