Repository Universitas Andalas

Pembuatan dan Karakterisasi Sabun Padat Transparan dengan Penambahan Ekstrak Daun Sirih ( Piper betle L.)

M., Masyitah Rike (2008) Pembuatan dan Karakterisasi Sabun Padat Transparan dengan Penambahan Ekstrak Daun Sirih ( Piper betle L.). Masters thesis, Program Pasca Sarjana Universitas Andalas.

[img]
Preview
PDF (Pembuatan dan Karakterisasi Sabun Padat Transparan dengan Penambahan Ekstrak Daun Sirih ( Piper betle L.)) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (522Kb) | Preview

Abstract

Sabun termasuk bagian primer dalam kehidupan sehari-hari. Dewasa ini pemanfaatan sabun sebagai pembersih kulit makin menjadi trend dan beragam, hal ini terlihat dari jenis, warna, wewangian dan manfaat yang ditawarkan. Sabun transparan atau sabun gliserin berbentuk batangan yang transparan dan lebih berkilau dibandingkan sabun lainnya Sabun ini berfungsi mengangkat kotoran, menghaluskan, melembutkan dan melembabkan kulit, serta efek pembusaannya yang halus dan lembut di kulit. Dengan penambahan ekstrak daun sirih yang banyak mengandung senyawa kavikol yang bersifat antiseptik, maka akan dihasilkan sabun padat transparan yang mampu mengatasi permasalahan kulit. Tujuan penelitian adalah : 1) Membuat sabun padat transparan dengan bahan baku minyak kelapa sawit kemasan. 2) Membuat sabun padat transparan dengan penambahan ekstrak daun sirih.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Unit atau Lembaga: Paca Sarjana > Strata 2 > Kimia
Depositing User: masanori sari ariningsih
Date Deposited: 12 May 2011 09:14
Last Modified: 05 Oct 2011 06:21
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/12949

Actions (login required)

View Item View Item