Repository Universitas Andalas

ANALISIS ISI LAMBUNG IKAN MUNGKUIH (Sicyopterus macrostetholepis Blkr.) DI SUNGAI BATANG KURANJI PADANG SUMATERA BARAT

Dinata, Marta (2008) ANALISIS ISI LAMBUNG IKAN MUNGKUIH (Sicyopterus macrostetholepis Blkr.) DI SUNGAI BATANG KURANJI PADANG SUMATERA BARAT. Other thesis, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam.

[img]
Preview
PDF (ANALISIS ISI LAMBUNG IKAN MUNGKUIH (Sicyopterus macrostetholepis Blkr.) DI SUNGAI BATANG KURANJI PADANG SUMATERA BARAT) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (554Kb) | Preview

Abstract

Penelitian tentang analisis isi lambung ikan mungkuih (Sicyopterus macrostetholepis Blkr.) di sepanjang Batang Kuranji telah dilakukan dari bulan Desember 2009-April 2010. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui komposisi pakan alami yang terdapat di alam dan di lambung ikan serta makanan terbanyak yang dimakan oleh ikan. Penelitian ini dilakukan dengan metode stratified sampling pada tiga wilayah sungai yaitu hulu sebanyak 7 titik, tengah 5 titik, dan hilir sebanyak 3 titik. Pengambilan sampel ikan menggunakan teknik kail dan elektrofishing. Pengkoleksian sampel perifiton dan hewan bentos dengan metoda kuadrat. Hasil penelitian menyatakan bahwa pakan alami yang dominan di perairan Sungai Batang Kuranji Padang adalah Cymbella turgidula, Fragillaria capucina, Fragillaria pinnata, Gyrosigma spencerii, Synedra rumphens, Nitzschia clausii, dan Nitzschia sigma. Komposisi jenis pakan alami yang dominan dalam lambung ikan S. macrostetholepis adalah Cymbella turgidula, Fragillaria capucinal Synedra rumphens, synedra wna, Gomphonema parvulum, Cladophora glomerata dan Arcella sp. Ikan S. macrostetholepis selektif terhadap makanan yang dimakannya dengan nilai indeks selektifitas positif terhadap jenis pakan yang disukainya. Makanan utama dalam lambung ikan S. macrostetholepls yaitu Fragillaria capucina dengan nilai IMT (39,57 - 50,27 %), dan Cymbella turgidula (40,00%).

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Unit atau Lembaga: Fakultas MIPA > Biologi
Paca Sarjana > Doktor > Fakultas MIPA > Biologi
Fakultas MIPA > Biologi
Depositing User: Haryoshi Utami
Date Deposited: 12 May 2011 09:12
Last Modified: 04 Oct 2011 02:26
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/12971

Actions (login required)

View Item View Item