Repository Universitas Andalas

PERTIMBANGAN HAKIM DALAM MENJATUHKAN PUTUSAN PIDANA TERHADAP ANAK YANG MELAKUKAN TINDAK PIDANA PENCURIAN (Studi Kasus di Pengadilan Negeri Kelas I A padang)

Astria, Resi (2009) PERTIMBANGAN HAKIM DALAM MENJATUHKAN PUTUSAN PIDANA TERHADAP ANAK YANG MELAKUKAN TINDAK PIDANA PENCURIAN (Studi Kasus di Pengadilan Negeri Kelas I A padang). Other thesis, Fakultas Hukum..

[img]
Preview
PDF (PERTIMBANGAN HAKIM DALAM MENJATUHKAN PUTUSAN PIDANA TERHADAP ANAK YANG MELAKUKAN TINDAK PIDANA PENCURIAN (Studi Kasus di Pengadilan Negeri Kelas I A padang)) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (351Kb) | Preview

Abstract

Anak merupakan generasi muda sebagai salah satu sumber daya manusia yang memiliki peranan strategis dan mempunyai ciri dan sifat khusus, memerlukan pembinaan dan perlindungan dari segala kemungkinan yang akan membahayakan mereka dan bangsa di masa depan. Dalam berbagai upaya pembinaan dan perlindungan tersebut, dihadapkan pada permasalahan dan tantangan dalam masyarakat dan di jumpai penyimpangan perilaku di kalangan anak. untuk menunjang penyelenggaran hak-hak anak, ada perundang-undangan yang memberikan perlindungan hukum terhadap hak-hak anak yaitu Undang- Undang Nomor 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak. Untuk mengatasi kejahatan yang dilakukan oleh anak diperlukan suatu peradilan yang benar-benar berfungsi sebagai tempat mengadili anak sebagaimana di atur dalam undang- Undang Nomor 3 Tahun 1997 tentarrg Pengadilan Anak. Dalam penulisan skripsi ini penulis mengangkat dua permasalahan yaitu : bagaimanakah pertimbangan hakim dalam menjatuhkan putusan pidana terhadap anak yang melakukan tindak pidana pencurian di Pengadilan Kelas 1 A Padang dan apakah kendala yang dihadapi hakim dalam menjatuhkan putusan pidana terhadap anak yang melakukan tindak pidana pencurian di Pengadilan Negeri Kelas I A padang. Metode penelitian yang dipergunakan adalah metode yuridis sosiologis. Teknik pengumpulan data dengan cara studi dokumen dan wawancara.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: K Law > K Law (General)
Unit atau Lembaga: Fakultas Hukum > Hukum
Depositing User: SSi Resta Yanda
Date Deposited: 12 May 2011 09:12
Last Modified: 12 May 2011 09:12
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/12975

Actions (login required)

View Item View Item