Repository Universitas Andalas

ISOLASI BAKTERI METANOTROF DAN DETEKSI GEN pmoA BAKTERI METANOTROF PADA EKOSISTEM PADI SAWAH

Utami, Haryosi (2008) ISOLASI BAKTERI METANOTROF DAN DETEKSI GEN pmoA BAKTERI METANOTROF PADA EKOSISTEM PADI SAWAH. Other thesis, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam.

[img]
Preview
PDF (ISOLASI BAKTERI METANOTROF DAN DETEKSI GEN pmoA BAKTERI METANOTROF PADA EKOSISTEM PADI SAWAH) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (484Kb) | Preview

Abstract

Penelitian tentang isolasi dan deteksi gen pmoA bakteri metanotrof pada ekosistem padi sawah telah dilakukan dari bulan Juli sampai Oktober 2010 di Laboratorium Ekologi dan Fisiologi, Bidang Mikrobiologi, Pusat Penelitian Biologi LIPI, Cibinong. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas bakteri metanotrof dalam mereduksi emisi gas rumah kaca metan pada ekosistem sawah, serta untuk mendapatkan biakan bakteri metanotrof. Penelitian ini dilakukan dengan metode deskriptif. Sampel tanah sawah diambil secara random pada empat petakan sawah dengan tipe penanaman yang berbeda yakni penanaman padi secara konvensional (T0), penanaman padi dengan teknologi SRI, pemupukan anorganik (T1), penanaman padi dengan teknologi SRI, pemupukan organik (T2) dan penanaman padi dengan teknologi SRI, pemupukan organik + pupuk hayati (T3). Hasil penelitian menunjukkan bahwa jumlah bakteri metanotrof terbanyak yang dihitung dengan metode MPN terdapat pada T2 dan T3 yaitu > 1100 MPN/ml dan jumlah terkecil pada T0 yaitu 36 MPN/ml. Kemampuan absorbsi metan oleh kultur murni T3 kuning sebesar 49 % sedangkan T3 orange sebesar 98 %. Adapun jenis bakteri yang diperoleh yaitu Methylocystis sp. dan Methylobacter sp.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Q Science > QR Microbiology
Unit atau Lembaga: Fakultas MIPA > Biologi
Paca Sarjana > Doktor > Fakultas MIPA > Biologi
Fakultas MIPA > Biologi
Depositing User: Haryoshi Utami
Date Deposited: 12 May 2011 09:11
Last Modified: 11 Oct 2011 05:04
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/12985

Actions (login required)

View Item View Item