Repository Universitas Andalas

PERSEPSI MAHASISWA AKUNTANSI UNIVERSITAS ANDALAS TERHADAP KECENDERUNGAN PRAKTEK CREATIVE ACCOUNTING DITINJAU DARI FAKTOR KEEFEKTIVAN PENGADILAN INTERNAL, KESESUAIAN KOMPENSASI, KETAATAN ATURAN AKUNTANSI, ASIMETRI INFORMASI DAN MORALITAS MANAJEMEN DALAM PERSPEKTIF GENDER

Fauzan, Ahmad (2008) PERSEPSI MAHASISWA AKUNTANSI UNIVERSITAS ANDALAS TERHADAP KECENDERUNGAN PRAKTEK CREATIVE ACCOUNTING DITINJAU DARI FAKTOR KEEFEKTIVAN PENGADILAN INTERNAL, KESESUAIAN KOMPENSASI, KETAATAN ATURAN AKUNTANSI, ASIMETRI INFORMASI DAN MORALITAS MANAJEMEN DALAM PERSPEKTIF GENDER. Other thesis, Fakultas Ekonomi.

[img]
Preview
PDF (PERSEPSI MAHASISWA AKUNTANSI UNIVERSITAS ANDALAS TERHADAP KECENDERUNGAN PRAKTEK CREATIVE ACCOUNTING DITINJAU DARI FAKTOR KEEFEKTIVAN PENGADILAN INTERNAL, KESESUAIAN KOMPENSASI, KETAATAN ATURAN AKUNTANSI, ASIMETRI INFORMASI DAN MORALITAS MANAJEMEN DALAM PE) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (349Kb) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah persepsi etis mahasiswa akuntansi universitas Andalas terhadap kecenderungan praktek creative accounting ditinjau dari faktor keefektifan pengendalian internal, kesesuaian kompensasi, ketaatan terhadap aturan akuntansi, asimetri informasi, serta moralitas manajemen dalam perspektif gender. creative accounting merupakan praktik yang masih dinilai kontroversial. Sebagian praktisi ada yang berpendapat sebagai praktik yang tidak dilarang namun tidak sedikit yang menganggap sebagai praktik yang menyalahi etika. Penelitian ini dilakukan tahun 2009 dengan sampel penelitian mahasiswa akuntansi universitas Andalas yang sedang atau telah mengambil mata kuliah auditing dan teori akuntansi. Data yang diperoleh menggunakan purpose sampling. Jumlah keseluruhan sampel yang diedarkan adalah 100 dan yang dapat diolah sebanyak 75 kuisioner. Teknik pengujian yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah uji Mann whitney U-test dengan terlebih dahulu menguji normalitas data dengan teknik Kolmogorov smirnov Test. uji validitas menggunakan teknik Pearsons correlation Product Moment dan uji reliabilitas. Pengujian hipotesis menunjukkan tidak terdapat perbedaan signifikan persepsi etis mahasiswa maupun mahasiswi akuntansi universitas terhadap kecenderungan praktek creative accounting.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Unit atau Lembaga: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: Haryoshi Utami
Date Deposited: 12 May 2011 09:10
Last Modified: 04 Oct 2011 03:55
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/12995

Actions (login required)

View Item View Item