Repository Universitas Andalas

AKTIVITAS AMILASE DARI KAPANG Aspergillus sp. ISOLAT TANAH PEMBUANGAN LIMBAH PADAT TAPIOKA

Trisna, Megi (2008) AKTIVITAS AMILASE DARI KAPANG Aspergillus sp. ISOLAT TANAH PEMBUANGAN LIMBAH PADAT TAPIOKA. Other thesis, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam.

[img]
Preview
PDF (AKTIVITAS AMILASE DARI KAPANG Aspergillus sp. ISOLAT TANAH PEMBUANGAN LIMBAH PADAT TAPIOKA) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (534Kb) | Preview

Abstract

Tanah tempat pembuangan limbah padat tapioka yang dihasilkan dari pengolahan ubi kayu merupakan suatu media yang baik bagi pertumbuhan kapang amilolitik. Penelitian ini bertujuan untuk mengisolasi kapang amilolitik dan menentukan aktivitas enzim amilase dari kapang isolat tanah pembuangan limbah padat tapioka. Kapang amilolitik diisolasi dengan menggunakan medium agar tepung beras. Dari hasil identifikasi didapatkan bahwa salah satu kapang amilolitik yang diperoleh adalah Aspergillus sp. Amilase dihasilkan pada fermentasi Aspergillus sp dengan menggunakan 3 variasi sumber karbon, yaitu tepung tapioka, amilum dan tepung beras dengan variasi lama fermentasi 8,16,24,32,40 dan 48 jam. Selain itu juga ditentukan pH optimum media fermentasi dengan melakukan variasi terhadap media fermentasi, yaitu 6;6,5;7;7,5 dan 8. Untuk menentukan aktivitas enzim, dilakukan variasi konsentrasi substrat l%,2%,3%,4%, dan 5%. Pengukuran aktivitas amilase dilakukan dengan menggunakan metoda Somogy-Nelson. Aktivitas amilase yang dihasilkan dari ketiga sumber karbon yang digunakan sama-sama memiliki aktivitas optimum pada waktu fermentasi 32 jam, dengan nilai yang berbeda. Aktivitas tertinggi terjadi pada sumber karbon tapioka yaitu 0.0236 mikromol/menit dan biomassanya 0.166 g. Selanjutnya pada amilum yaitu 0.0209 mikromol/menit dan biomassanya 0.090 g. Dan pada tepung beras 0.0176 mikromol/menit dan biomassanya 0.152 g. pH optimum media fermentasi enzim amilase adalah pada pH 7, dan konsentrasi susbstrat 3% memberikan aktivitas enzim amilase optimum, yaitu 0.0752 mikromol/menit.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Unit atau Lembaga: Fakultas MIPA > Kimia
Paca Sarjana > Doktor > Fakultas MIPA > Kimia
Fakultas MIPA > Kimia
Depositing User: Haryoshi Utami
Date Deposited: 12 May 2011 09:09
Last Modified: 11 Oct 2011 06:53
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/13015

Actions (login required)

View Item View Item