Repository Universitas Andalas

KEANEKARAGAMAN DAN KEPADATAN ULAR DI HUTAN PENDIDIKAN DAN PENELITIAN BIOLOGI UNIVERSITAS ANDALAS

Asmi, Apriyanto (2008) KEANEKARAGAMAN DAN KEPADATAN ULAR DI HUTAN PENDIDIKAN DAN PENELITIAN BIOLOGI UNIVERSITAS ANDALAS. Other thesis, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam.

[img]
Preview
PDF (KEANEKARAGAMAN DAN KEPADATAN ULAR DI HUTAN PENDIDIKAN DAN PENELITIAN BIOLOGI UNIVERSITAS ANDALAS) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (612Kb) | Preview

Abstract

Penelitian yang bertujuan untuk mengetahui Keanekaragaman dan Kepadatan ular di HPPB telah dilakukan sejak bulan April 2009 sampai Maret 2010 dan di lanjutkan di laboratorium Ekologi. Penelitian dilakukan dengan metode Transek plot : Imaginer visual encounter surveying. Ular yang ditemukan di HPPB adalah sebanyak 33 individu yang terdiri dari 8 spesies yang tergolong ke dalam 3 famili yaitu famili Colubridae 6 spesies, Pythonidae 1 spesies dan famili Viperidae 1 spesies. Kepadatan populasi rata-rata 2,75 ind/ha. Kepadatan ular tertinggi adalah Xenochropis trianguligerus K=1,25 ind/ha dan KR=45,45% dan yang terendah adalah Python reticulatus (Fam. Pythonidae) dan Tropidolaemus wagleri (Fam. Viperidae). Indeks keanekaragaman spesies adalah 1,67. Kepadatan ular per stasiun di hutan HPPB berkisar antara 2,00 - 3,67 ind/ha paling tinggi ditemukan di Plot permanen dan paling rendah di Arboretum. Indeks keanekaragaman berkisar dari 0,45-1,22 yang paling tinggi terdapat pada stasiun Bendungan dan paling rendah di stasiun Arboretum.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Q Science > QL Zoology
Unit atau Lembaga: Fakultas MIPA > Biologi
Paca Sarjana > Doktor > Fakultas MIPA > Biologi
Fakultas MIPA > Biologi
Depositing User: Haryoshi Utami
Date Deposited: 12 May 2011 09:01
Last Modified: 06 Oct 2011 03:21
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/13039

Actions (login required)

View Item View Item