Repository Universitas Andalas

STRATEGI BERSAING PT. POSMETRO PADANG PERS DALAM MENGHADAPI PERSAINGAN

Puspita, Melda (2010) STRATEGI BERSAING PT. POSMETRO PADANG PERS DALAM MENGHADAPI PERSAINGAN. Other thesis, FAKULTAS EKONOMI.

[img]
Preview
PDF (STRATEGI BERSAING PT. POSMETRO PADANG PERS DALAM MENGHADAPI PERSAINGAN) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (388Kb) | Preview

Abstract

Penelitian ini menganalisis alternatif strategi bersaing yang dijalankan harian pagi posmetro Padang dengan cara mengidentifikasi lingkungan eksternal (politik, pemerintah, dan hokum-; demografi dan ekonomi; teknologi; sosial dan budaya), kondisi persaingan (tingkat persaingan di dalam industri, ancaman pendatang baru, tekanan produk pengganti, kekuatan pembeli, kekuatan pemasok, dan lingkungan internal (produksi dan operasional, pemasaran, s.rm-ber daya manusia) yang menjadi peluang dan ancaman bagi harian pagi Posmetro Padang. Jenis data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh dari hasil wawancara secara tidak terstruktur kepada empat responden yang diwawancarai yaitu pemimpin redaksi, manajer pemasaran koran, kepala bagian kabag umum&SDM dan koordinator pracetak&tatap muka. Analisis data menggunakan analisis EFE, IFE, SWOT, IE, dan QSPM. Dari hasil analisis, menunjukkan bahwa harian pagi Posmetro Padang sebaiknya melakukan strategi pengembangan produk, penetrasi pasar secara maksimal, dan sJanjutnya diikuti oleh pengembangan pasar. Strategi pengembangan produk dengan cara menambah dan mengembangkan rubrik-rubrik berita yang bersegmen koran metro, strategi penetrasi pasar dengan melakufan promosi langsung, selanjutnya strategi pengembangan pasar dengan memaksimalkan penjualan dan distribusi ke setiap daerah-daerah yang dimasuki, serta memperluas pemasaran ke luar daerah Sumatera Barat (seperti daerah Riau yang merupakan daerah yang potensial) yang didukung dengan menambah kantor perwakilannya dan menambah loper dan agen di daerah. Penelitian ini membirikan implikasi pada harian pagi Posmetro Padang untuk dapat lebih memperhatikan faktor intern dan epstern rerta membangun keunggulan bersaing yang berkelanjutan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Unit atau Lembaga: Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: SSi Resta Yanda
Date Deposited: 12 May 2011 09:00
Last Modified: 12 May 2011 09:00
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/13046

Actions (login required)

View Item View Item