Repository Universitas Andalas

Analisis Pengaruh Pesan Iklan dan Celebrity Endorser terhadap Keputusan Konsumen dalam Membeli Sepeda Motor Yamaha Jupiter MX di Kota Padang

Lesmana, Dimas (2008) Analisis Pengaruh Pesan Iklan dan Celebrity Endorser terhadap Keputusan Konsumen dalam Membeli Sepeda Motor Yamaha Jupiter MX di Kota Padang. Other thesis, Fakultas Ekonomi.

[img]
Preview
PDF (Analisis Pengaruh Pesan Iklan dan Celebrity Endorser terhadap Keputusan Konsumen dalam Membeli Sepeda Motor Yamaha Jupiter MX di Kota Padang) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (368Kb) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh semakin berkembangnya kebutuhan manusia akan transportasi, seiring dengan pertumbuhan teknolqgi dan perkembangan zaman saat ini. Alat transportasi berkembang mengikuti kemajuan teknologi, seperti kendaraan roda dua dan kendaraan roda empat yang dapat memudahkan setiap orang melakukan aktivitas sesuai dengan tujuannya. Perkembangan teknologi alat transpotasi seperti sepeda motor sudah merupakan kebutuhan pokok. Perusahaan-perusahaan dan dealer sepeda motor bermunculan disetiap pelosok untukk dapat memenuhi kebutuhan pelanggannya. Mereka bersaing untuk memasarkan dan menawarkan produknya dengan berbagai cara, agar produknya dapat diterima dan digunakan oleh konsumennya. Yamaha dengan salah satu produknya Jupiter MX hadir sebagai sepeda motor menawarkan berbagai keunggulan yang tidak dimiliki oleh sepeda motor lainnya dan fasilitas-fasilitas yang menjadi karakteristiknya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh iklan dan celebrity endorser terhadap keputusan pembelian konsumen atas produk Yamaha Jupiter MX. Penelitian ini menggunakan teknik analisa regresi berganda. Teknik pengambilan sampel dengan metode non probability sampling menggunakan teknik aksidental sampling yaitu penentuan sampel secara kebetulan. Sampel penelitian sebanyak 77 orang yang penulis temui di Kantor Yamaha Padang. Berdasarkan penelitian pesan iklan (X1) berpengaruh terhadap keputusan pembelian sebesar 59,7 %, dan celebrity endorser berpengaruh terhadap keputusan pembelian sebesar 37,4 %. Secara bersama-sama pesan iklan (X1) dan celebrity endorser (X2) berpengaruh terhadap keputusan pembelian produk sepeda motor Yamaha Jupiter MX di Kota Padang sebesar 83,2 % termasuk dalam kategori sangat tinggi.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Unit atau Lembaga: Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: Haryoshi Utami
Date Deposited: 12 May 2011 09:00
Last Modified: 05 Oct 2011 07:41
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/13047

Actions (login required)

View Item View Item