Repository Universitas Andalas

Isolasi Senyawa Fenolik dari Kulit Batang Shorea seminis V.SI dan Uji Aktivitasnya sebagai Antibakteri

Syahri, Jufrizal (2008) Isolasi Senyawa Fenolik dari Kulit Batang Shorea seminis V.SI dan Uji Aktivitasnya sebagai Antibakteri. Masters thesis, Program Pasca Sarjana Universitas Andalas.

[img]
Preview
PDF (Isolasi Senyawa Fenolik dari Kulit Batang Shorea seminis V.SI dan Uji Aktivitasnya sebagai Antibakteri) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (493Kb) | Preview

Abstract

Shorea seminis V.SI adalah salah satu tumbuhan spesies dari famili Dipterocarpaceae yaag dikenal dengan nama tengkawang terendak. Famili tumbuhan ini terdiri dari 16 genus, dan sekitar 600 spesies. Tiga genus yang utama adalah shorea yang terdiri dari 150 spesies, hopea terdiri dari sekitar 100 spesies, dan dipterocarpus terdiri 75 spesies, dan ketiga genus ini di Indonesia dikenal masing-masing dengan nama meranti, merawan atau tengkawang atau dammar mata kucing, dan keruing, Di Indonesia tumbuhan tengkawang ini ditemukan di Provinsi Kalimantan Barat, Kalimantan Timur, dan Sumatera bagian Timur yaitu Jambi. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi lebih lanjut tentang senyawa fenolik yang dihasilkan oleh spesies Shorea seminis V.SI dan evaluasi bioaktivitas dari senyawa yang dihasilkan sebagai antibakteri.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Unit atau Lembaga: Paca Sarjana > Strata 2 > Kimia
Depositing User: masanori sari ariningsih
Date Deposited: 12 May 2011 09:00
Last Modified: 11 Oct 2011 04:19
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/13053

Actions (login required)

View Item View Item